Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

800 Muslim Jerman Sholat Idul Fitri di Tempat Parkir Ikea

Rabu 27 May 2020 05:36 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Sekitar 800 Muslim Wetzlar, Jerman menggelar sholat Idul Fitri di sebuah tempat parkir milik perusahaan ritel perabotan rumah tangga, Ikea, Ahad (24/5).

Sekitar 800 Muslim Wetzlar, Jerman menggelar sholat Idul Fitri di sebuah tempat parkir milik perusahaan ritel perabotan rumah tangga, Ikea, Ahad (24/5).

Foto: IGMG Wtzlar Fatih Mosque Facebook
Muslim Jerman di Wetzlar sholat Idul Fitri dengan menjaga jarak sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, WETZLAR -- Ratusan umat Muslim Wetzlar, Jerman, menggelar sholat Idul Fitri di sebuah tempat parkir milik perusahaan ritel perabotan rumah tangga, Ikea, Ahad (24/5) lalu. Mereka melaksanakan sholat dengan menjaga jarak sosial.

Berdasarkan rekaman drone, setidaknya 800 jamaah menghadiri sholat Idul Fitri. Mereka menggunakan lahan parkir dan membuat jalur atau tanda untuk memastikan setiap orang memiliki area khusus sendiri.
 
Dilansir di Daily Sabah, Rabu (27/5), hingga saat ini masjid dan rumah ibadah lainnya di wilayah tersebut masih ditutup akibat penyebaran virus Covid-19. Umat Muslim harus berpikir di luar kebiasaan agar tetap bisa merayakan Idul Fitri 1441 H/2020 M kali ini.
 
Komunitas Islam Milli Goruş (IGMG), yang mengorganisasi acara tersebut, termasuk salah satu yang memiliki ide brilian ini. Mereka menghubungi Ikea Wetzlar dan meminta izin menggunakan lahan parkir yang kini sedang tidak digunakan.
 
Kelompok ini lantas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengadakan sholat Id, termasuk kepolisian setempat. "Kami mengucapkan selamat kepada semua Muslim di dunia. Dengan harapan tulus kami berharap Allah SWT membawakan lebih banyak hari raya," tulis kelompok tersebut dalam sebuah unggahan di Facebook, Rabu (27/5).
 
Mereka berharap Allah SWT senantiasa menjaga persatuan dan solidaritas yang ada. Dalam unggahan lainnya, mereka mengucapkan terima kasih kepada polisi Wetzlar, kantor pengawas Wetzlar, Ikea Wetzlar, serta pihak lainnya yang membantu terselenggaranya kegiatan tersebut. 
 
Banyak pengguna media sosial menyukai kegiatan tersebut. Tak sedikit pula yang memuji pihak-pihak yang telah membantu mewujudkannya.
 
"Sungguh pemandangan dan alternatif yang indah," tulis satu orang di Facebook. Yang lainnya mengatakan di Twitter, "Ide yang sangat bagus!"
 
Seseorang lainnya menulis unggahan, "Ini membuat saya bahagia. Saya tahu beberapa teman seagama saya berjuang akibat kurangnya kontak fisik yang dekat selama bulan Ramadhan, jadi sangat indah melihat sebuah komunitas berkumpul bersama dengan cara yang aman."
 
Jurnalis Abdirahim Saeed juga mengunggah foto kegiatan itu. Ia mengatakan berhasil berbicara dengan salah satu penyelenggara.
 
"Saya berhasil menghubungi salah satu ketua dari dua masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri di tempat parkir Ikea Jerman. Dia menghubungi toko, dan terkejut manajer setuju," kata dia.
 
Ketua Masjid Wetzlar, Kadir Terzi, mendekati Ikea pekan lalu. kepada BBC News dia mengatakan tidak berharap dapat respons positif. "Namun, manajer toko tanpa ragu mengatakan 'ya, Anda bisa sholat di sini.' Saya terkejut sekaligus senang," katanya.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA