Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Tips Berbelanja untuk Menghemat Waktu dan Uang

Selasa 26 May 2020 22:05 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Belanja di swalayan (ilustrasi).

Belanja di swalayan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Jangan berbelanja dalam keadaan lapar.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Berbelanja kebutuhan pokok di swalayan bisa menjadi tantangan tersendiri sekarang. Kita harus siap dengan sejumlah pembeli lain dari segala arah ketika memasuki toko.

Saat ini, berkumpul di toko grosir tidak ideal karena risiko yang terkait dengan Covid-19. Untungnya, ada retas belanja yang dapat diterapkan secara menyeluruh sehingga membantu menghemat waktu dan uang pembeli.

Dilansir di Foxbusiness.com, berikut beberapa strategi saat mengumpulkan barang-barang belanjaan.

1. Beli produk berdasarkan jumlah besar

Membeli dalam jumlah besar dapat membantu menghemat. Menurut Krazy Coupon Lady, pembelian barang tententu dalam jumlah besar bisa mendapat diskon bervariasi, tergantung pada toko. Sebagai contoh, WinCo menawarkan diskon hingga lima persen untuk makanan curah selama memesan di muka dalam jumlah besar atau karung. Sementara itu, Whole Foods menawarkan diskon hingga 10 persen jika membeli barang tertentu dalam jumlah besar.

2. Jangan pernah berbelanja dalam keadaan lapar

Berbelanja dalam kondisi lapar tak hanya memberi gangguan besar, tetapi juga kecenderungan memilih harga mahal. Menurut laman Taste of Home, pembeli akan tergoda untuk membeli produk yang tidak mereka butuhkan. Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan berbelanja dengan perut kosong juga dapat memancing pembeli mengambil semua jenis junk food.

3. Berbelanja di klub grosir secara gratis

Pembeli dapat menjelajah ke tempat grosir, tanpa keanggotaan selama memiliki kartu hadiah. Jika membeli kartu hadiah atau menerimanya dengan jumlah berapa pun, toko Costco mengizinkan pembeli berbelanja di lorong-lorong toko tanpa kartu keanggotaan.


4. Tas yang dapat digunakan kembali menghemat uang

Pengecer di seluruh negara mendorong pembeli membawa tas yang dapat digunakan kembali. Dalam banyak kasus, tas-tas itu dapat menghemat uang ketika tiba saatnya untuk check out. Menurut Lady Krazy Kupon, Target akan memberikan pelanggan potongan 5 sen jika membawa tas sendiri daripada menggunakan kantong plastik dari toko. Toko besar lainnya, termasuk Whole Foods dan Trader Joe's, meniru tawaran yang sama.

5. Selalu mencari kode PLU pada buah dan sayuran

Saat berbelanja untuk produk organik, pastikan melihat kode PLU yang dapat ditemukan pada stiker. Menurut Krazy Coupon Lady, kode empat digit menunjukkan bahwa produk tersebut ditanam secara tradisional. Jika ada kode lima digit yang diawali dengan angka 9, kode itu artinya buah dan sayuran tumbuh secara organik.

6. Jangan tertipu oleh tanda penjualan "10 untuk 10 dolar AS"

Jika ada papan bertuliskan 10 untuk 10 dolar AS, Anda tidak perlu membeli ke-10 untuk mendapatkan diskon.


7. Mendaftar program imbalan loyalitas

Banyak toko menawarkan penghematan khusus untuk anggota. Dalam beberapa kasus, program itu menawarkan penghematan untuk gas dan obat resep.


8. Pilih produk segar di pagi hari atau sore hari

Menurut majalah Taste of Home, pengiriman produk segar tiba di toko lokal saat toko buka di pagi hari atau ketika toko bersiap untuk tutup. Pembeli harus mencari tahu kapan pengiriman toko mereka tiba untuk merencanakan kapan harus berbelanja.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA