Rabu 27 May 2020 03:29 WIB

Mengenal Second City Derby

Pertandingan kompetitif pertama terjadi saat keduanya bertemu di Piala FA.

Aston Villa
Foto: Tim Hales/AP
Aston Villa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Klub sepak bola Birmingham City yang berdiri pada 1875 dan bernama awal Small Health Alliance harus melakoni pertandingan melawan tim sekota, Aston Villa yang berdiri setahun lebih awal, 1874.

Dalam pertemuan pertama di kandang Birmingham yang disebut juga Muntz Street, Birmingham yang mempunyai pendukung lebih sedikit justru mampu mengungguli Villa dengan skor tipis 1-0.

Para pendukung Birmingham pun sontak melakukan ejekan kepada para pemain Villa. Dan, sejak saat itu, ketika kedua tim bertemu di ajang apa pun, kedua suporter akan saling melempar ejekan kepada lawan masing-masing.

Pertarungan dua tim sekota ini pun dikenal sebagai Second City Derby. Pertandingan kompetitif pertama terjadi saat keduanya bentrok dalam kompetisi Piala FA 1887. Mulai dari pertandingan ini, perseteruan antara keduanya semakin memanas. Tak pelak, masing-masing tim selalu ingin menjatuhkan lawannya.

Selama 135 tahun ini juga, berbagai intrik selalu mewarnai pertikaian kedua klub. Mulai dari perpindahan pemain hingga menyeberangnya pelatih menjadi pembicaraan yang tak kunjung usai.

Sejarah yang tak akan dilupakan kedua pendukung adalah saat bintang Villa Dennies Motrimer yang telah memenangi gelar Piala Eropa bersama Villa pada 1982 justru bergabung dengan Birmingham setelah musim kompetisi lokal selesai. Selain pemain, beberapa pelatih dari kedua klub tak elak saling menyeberang ke klub lawan.

Pada 1982 menajer Villa Ron Saunders hengkang dari Villa Park dan bergabung bersama Birmingham. Selang 19 tahun kemudian, tepatnya 2001, manajer Birmingham Alex McLeish balik menyeberang dari Birmingham ke Villa. Ini lebih menyedihkan karena pada tahun tersebut Birmingham harus terdegradasi dari kompetisi kasta tertinggi Liga Primer Inggris. Dan, sejak saat itu, derby keduanya belum terjadi lagi sampai saat ini.

Hingga pertemuan terakhir keduanya pada 16 Januari 2011, dari 117 pertandingan yang dijalani, Villa mampu unggul dengan 51 kali menang. Sedangkan, Birmingham hanya menang 37 kali dan 29 pertandingan, lainnya berakhir imbang. 

sumber : Rekor
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement