Rabu 27 May 2020 02:27 WIB

Laga Terlama di Piala FA

Pertandingan sepak bola sejatinya dilakukan selama 90 menit.

Piala FA
Foto: www.radiotimes.com
Piala FA

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pertandingan sepak bola sejatinya dilakukan selama 90 menit dan dibagi dalam dua babak. Namun, lain halnya dengan pertandingan di London, Inggris, hari ini 43 tahun silam. Dua klub, FC Alvechurch dan Oxford City, melakukan pertandingan sepak bola terpanjang dalam sejarah Piala FA, yakni selama 11 jam.

Keduanya bertemu di babak kualifikasi keempat Piala FA pada 6 November 1971 yang berakhir imbang 2-2. Pertandingan ulang pun dilakukan tiga hari kemudian. Namun sayangnya, pertandingan kembali berakhir imbang dengan skor 1-1. Hasil imbang kembali terjadi di pertandingan ulang ketiga (1-1), keempat (0-0), dan kelima (0-0).

Pertandingan kembali dilakukan pada 22 November 1971. Pertandingan keenam tersebut dilakukan di tempat netral, Villa Park, begitu juga dengan pertandingan ketiga yang dilakukan di markas Birmingham City di St Andrew.

Di pertandingan keenam ini, Alvechurch meraih kemenangan 1-0 atas Oxford. Gol tunggal Bobby Hope sukses bersarang di menit ke-588. Di Villa Park, Ketua Aston Villa Doug Ellis menuangkan sampanye kepada semua pemain Alvechurch untuk merayakan masuknya tim itu ke dalam Guinness Book of Records.

Dalam pertandingan panjang itu, tak sedikit pemain yang mengalami cedera. Cedera yang paling serius datang setelah sepuluh menit pertandingan kelima, ketika pemain Oxford, Eric Metcalfe, menderita retak fibula. Tidak hanya pemain cedera, selama pertandingan para pemain juga harus basah kuyup oleh hujan dan es lantaran bermain di musim dingin yang buruk.

Selama 17 hari bertanding, kedua tim rupanya sudah saling mengenal dan mengetahui cara permainan masing-masing. Keputusan untuk membuat skuat gabungan pun disepakati. Di putaran pertama, Alvechurch (bersama Oxford) bertemu dengan Aldershot Town dua hari kemudian. Aldershot memetik kemenangan  4-2. Kekalahan Alvechurch diduga karena kelelahan para pemain yang sebelumnya telah bertanding selama 17 hari melawan Oxford dengan hanya istirahat satu hari.

Sementara, Aldershot memiliki banyak kesempatan untuk mempelajari permainan lawannya. Saat itu, Aldershot hanya tinggal duduk manis menunggu pemenang antara Avechurch dan Oxford untuk bertanding di putaran pertama Piala FA.

sumber : Rekor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement