Selasa 26 May 2020 19:50 WIB

25 Orang Positif Covid-19 di Purbalingga Sembuh

Masyarakat yang ke luar rumah tidak memakai masker akan diinapkan di rumah karantina.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kanan).
Foto: ANTARA FOTO
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi, menginformasikan, total pasien positif Covid-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh berjumlah 25 orang. Secara kumulatif terdapat 55 pasien positif Covid-19 di Purbalingga.

"29 pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 25 pasien dinyatakan sembuh dan 1 pasien dinyatakan meninggal dunia," kata Pratiwi di Purbalingga, Selasa (26/5).

Bupati mengajak seluruh pihak untuk ikut berperan serta dalam upaya sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19. Sosialisi dan edukasi kepada masyarakat terkait pemakaian masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, tidak keluar rumah jika tidak mendesak serta menjaga jarak fisik, kata di, harus selalu diintensifkan di tengah masyarakat.

"Mari kita jaga Purbalingga, kita hargai para tenaga medis yang terus berjuang tidak kenal lelah. Kita hanya diminta untuk disiplin mengikuti anjuran pemerintah, agar kita dan keluarga kita tetap sehat dan terbebas dari penyakit Covid-19," katanya.

Ia juga mengajak para guru Madrasah Diniyah (Madin), Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dan Penyuluh Agama Islam untuk turut serta menyosialisasikan penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19. Peran serta dalam menyosialisasikan penanganan dan pencegahan Covid-19 sangat dibutuhkan.

Pratiwi kembali mengingatkan bahwa upaya pencegahan Covid-19 memerlukan dukungan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya akan mengintensifkan inspeksi ke sejumlah tempat keramaian guna memastikan masyarakat telah menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Warga masyarakat yang ke luar rumah tidak memakai masker, kata dia, akan dikenai sanksi yakni diinapkan di rumah karantina tingkat kabupaten selama satu malam. "Dua tempat karantina sudah siap huni, yakni Gedung Korpri dan Buper Munjulluhur," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement