Rabu 27 May 2020 02:17 WIB

Dua Pasien Positif Covid-19 di Manggarai Barat Sembuh

Kini total pasien sembuh di NTT berjumlah sembilan orang

 Petugas medis membawa seorang pasien virus corona, (ilustrasi). Pasein positif Covid-19 yang sembuh di Manggarai Barat bertambah.
Foto: Leo Correa/AP
Petugas medis membawa seorang pasien virus corona, (ilustrasi). Pasein positif Covid-19 yang sembuh di Manggarai Barat bertambah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Dua pasien positif Covid-19 berasal dari kluster Gowa, Sulawesi Selatan dinyataan sembuh setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere dalam keterangan pers di Kupang, Selasa (26/5). Ia mengatakan, kedua pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh itu merupakan dua warga Manggarai Barat yang masuk dalam kluster Gowa.

Baca Juga

Menurut dia, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan dua kali secara berturut-turut terhadap sample swab dari kedua pasien itu hasilnya negatif Covid-19. Kedua pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan Covid-19 dipastikan segera dipulangkan dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, kata dia, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di provinsi berbasis kepulauan ini berjumlah sembilan orang dari 85 orang warga NTT yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan satu orang di antaranya meninggal dunia.

"Sampai dengan saat ini masih ada 75 orang pasien positif Covid-19 yang sedang dalam perawatan medis berbagai rumah sakit di 10 daerah di NTT," tegas Dominikus.

Ia juga mengatakan, berdasarkan pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang terhadap 48 sampel swab semuanya negatif dari paparan Covid-19.

Sample swab yang dinyatakan negatif itu merupakan rujukan dari Kabupaten Sumba Barat, Kota Kupang dan Sikka dan Kabupaten Sumba Timur.

Data-data pasien positif Covid-19 di NTT pada 26 Mei 2020

1. Kota Kupang 20 orang dan tujuh orang sembuh serta satu meninggal dunia.

2 Kabupaten Sikka 27 orang

3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang dan dua orang telah dinyatakan sembuh.

4. Kabupaten Sumba Timur 8 orang

5. Kabupaten Ende 6 orang

6. Kabupaten Timor Tengah Selatan 3 orang

7. Kabupaten Rote Ndao 2

8. Kabupaten Manggarai 1 orang

9. Kabupaten Flores Timur 1 orang

10. Kabupaten Nagekeo 3 orang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement