Selasa 26 May 2020 17:15 WIB

Pekan Krusial Penentu Lanjutan Liga Primer Inggris Musim Ini

Pesepak bola diperbolehkan untuk melakukan kontak fisik dalam sesi latihan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pekan ini akan menjadi pekan krusial dalam rencana melanjutkan kembali Liga Primer Inggris musim ini. Pasalnya, Pemerintah Inggris siap memberikan izin kepada para atlet, baik dari cabang olahraga individu dan cabang olahraga tim, termasuk sepak bola, untuk menggelar fase kedua dalam program latihan.

Dalam fase kedua ini, para atlet ataupun pesepak bola diperbolehkan untuk melakukan kontak fisik dalam sesi latihan. Pun dengan kemungkinan menggunakan alat-alat olahraga secara bersama-sama. Namun, sesi latihan bersama tersebut tidak boleh diikuti lebih dari 12 orang dan tetap berada dalam pengawasan otoritas kesehatan setempat.

Dengan keputusan Pemerintah Inggris ini, Premier League, selaku otoritas penyelengara Liga Primer, telah menyiapkan sejumlah langkah lanjutan dari Project Restart, termasuk dengan melakukan pertemuan dan diskusi dengan klub kontestan Liga Primer. Project Restart merupakan sebuah rencana besar dari sejumlah otoritas berwenang untuk menggelar kembali sepak bola profesional di Inggris.

Pada Senin (25/5) waktu setempat, para pemain dan pelatih dari kontestan Liga Primer telah melakukan tes Covid-19. Hasil dari tes ini diharapkan akan keluar pada Rabu (27/5) waktu setempat. Nantinya, tes Covid-19 ini akan dilakukan secara berkala, yaitu dua pekan sekali.

Kemudian, pada Selasa (26/5) waktu setempat, Premier League akan menggelar diskusi dan pertemuan via video call dengan kapten tim, pelatih, dan perwakilan dari Asosiasi Pemain Profesional Inggris (PFA) dan Asosiasi Pelatih Profesional Inggris (LMA). Pertemuan virtual ini akan membahas soal kontak fisik dalam latihan.

Setelah itu, Premier League akan melakukan pertemuan dengan perwakilan klub-klub kontestan Liga Primer untuk membahas detail soal fase kedua sesi latihan, termasuk adanya kontak fisik antara pemain, pada Rabu (27/5). Dalam pertemuan ini, pihak klub dapat memberikan masukan terkait rencana penerapan kontak fisik di sesi latihan. Fase kedua sesi latihan tersebut diharapkan bisa digelar sebelum akhir pekan ini.

Akhirnya, pertemuan paling krusial dalam sepekan ini akan terjadi pada Kamis (28/5) waktu setempat. Pertemuan via video conference antara Premier League dan perwakilan klub kontestan Liga Primer itu akan membahas soal draft final dari Project Restart. Draft tersebut akan mengatur soal jadwal sisa Liga Primer musim ini, termasuk tanggal kapan Liga Primer musim ini akan kembali bergulir dan berakhir.

Mantan gelandang timnas Inggris, Jamie Redknapp, tidak menampik, pekan ini akan menjadi pekan krusial dalam penentuan nasib Liga Primer musim ini. Terlebih, Pemerintah Inggris telah memberikan lampu hijau untuk menggelar fase kedua program latihan cabang olahraga tim.

Tidak hanya itu, Redknapp, yang kini menjadi pundit di Sky Sport itu, juga menyebut, kesuksesan Bundesliga Jerman melanjutkan musim ini dapat memberikan pengaruh dalam prospek kelanjutan Liga Primer musim ini. Redknapp pun optimistis, Liga Primer musim ini dapat kembali dilanjutkan, kendati bakal berbeda dari musim-musim sebelumnya.

''Pekan ini akan menjadi pekan yang besar dan krusial. Dengan melihat apa yang terjadi di Jerman, saya optimistis, klub-klub akan sepakat melanjutkan fase kedua sesi latihan. Tak hanya itu, dengan kesuksesan di Jerman, meski sebenarnya itu bukanlah produk yang kami sukai, sepak bola tanpa fan, tapi itu tetap sepak bola. Saya malah akan terkejut apabila kompetisi tidak dilanjutkan,'' kata Redknapp kepada Sky Sports, Selasa (26/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement