Selasa 26 May 2020 15:11 WIB

10 Film yang Kehabisan Dana Saat Produksi (Bagian 2-Habis)

Karena kehabisan uang, tim produksi memutuskan mengubah akhir cerita film.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Rocky.
Foto: United Artist
Salah satu adegan di film Rocky.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Uang membuat roda perekonomian dunia berputar. Demikian juga dalam industri perfilman Hollywood. Tak peduli seberapa besar film itu jika kehabisan anggaran maka harus mencari dana tambahan atau berimprovisasi. Dilansir di Yahoo Movies UK, ada 10 film yang mengalami masalah kas darurat sehingga perlu melakukan jalan pintas. Berikut daftarnya:

6. Star Trek V: The Final Frontier (1989)

The Final Frontier yang disutradarai William Shatner banyak mendapat sambutan. Namun tak jarang yang mengetahui, film itu memiliki keterbatasan anggaran, bahkan memiliki efek khusus yang terlihat murah. "Saya tidak mendapatkan bantuan yang saya butuhkan, jadi ketika tiba waktunya untuk pengmbilan akhir cerita, saya sudah kehabisan uang. Maaf tentang itu," kata Shatner. Klimaks film itu terpotong hampir seluruhnya dan anggaran efek khusus ditiadakan.

7. Rocky (1976)

Aktor Sylvester Stallone tetap membintangi film Rocky meskipun proyek tersebut mengalami kesulitan anggaran. Pihak studio, United Artists, akhirnya membelinya dan mengeluarkan anggaran 2 juta dolar AS untuk bintang yang sudah mapan, seperti James Caan atau Robert Redford yang menjadi pemeran utama. Stallone mengatakan, satu-satunya cara dia menjual naskah adalah dengan terikat pada bintang. United Artist setuju, tetapi mereka memotong anggaran sebesar 50 persen.

Produser Irwin Winkler dan Robert Chartoff secara pribadi bertanggung jawab atas setiap dolar yang dikeluarkan melebihi anggaran 1 juta dolar AS yang dialokasikan. //Rocky// akhirnya mendapat 1,1 juta dolar AS. Satu-satunya alasan film itu selesai karena Winkler dan Chartoff menggadaikan rumah mereka untuk mendapatkan 100 ribu dolar AS.

8. El Mariachi (1992)

Robert Rodriguez menetapkan sendiri anggaran sebesar 9.000 dolar AS untuk membuat film debutnya. Dia memotong sudut-sudut utama film sehingga menjadi hemat setiap langkah. Rodriguez memiliki aturan one take only. Senjata yang digunakan dalam film adalah pistol air atau senjata asli yang dipinjam dari polisi. Sebagian besar adegan film diambil di blok yang sama untuk menghemat biaya bensin.

Rodriguez tidak perlu repot dengan storyboard, karena tidak ada orang yang menunjukkannya kepada mereka. Dia menulis, menyutradarai, mengedit, menyalakan, memotong suara, memberikan efek khusus, memainkan musik, dan melayani film sendiri. Satu-satunya alasan dia tidak membintangi film itu karena tidak akan ada yang tersisa untuk mengoperasikan kamera.

9. Super Mario Bros (1993)

Adaptasi film beranggaran besar pertama dari sebuah video gim tidak menguntungkan. Masalah dimulai ketika tim sutradara yang merupakan suami-istri Rocky Morton dan Annabel Jankel membuang naskah dan mulai berimprovisasi. Mereka lantas menghabiskan 10 juta dolar AS tanpa adegan selesai. Rencana akhir film dengan adegan spektakuler di mana Mario memanjat Jembatan Brooklyn untuk menjatuhkan Bob-Omb ke tenggorokan Raja Koopa benar-benar dihilangkan.

10. Return of The Killer Tomatoes (1988)

Film ini menjadi paling terkenal karena menjadi salah satu dari banyak film awal yang memalukan bagi George Clooney. Sekuel dari Attack of The Killer Tomatoes ini menampilkan adegan cerdik di mana aksinya berhenti ketika sutradara film tersebut menghentikan proses produksi. Dia memberi tahu para pemerannya bahwa uang telah habis dan mereka tidak mampu untuk mengambil gambar film selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement