Selasa 26 May 2020 13:57 WIB

Gugus Tugas Pangkalpinang Lakukan Tes Swab Massal

Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Warga mengikuti test swab Covid-19. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Ilustrasi.
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
Warga mengikuti test swab Covid-19. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan swab test massal. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Pasien itu adalah seorang kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Rencananya, hari ini kami akan melakukan swab test atau tes usap dengan objek cairan tenggorokan kepada 75 orang berdasarkan penelusuran warga yang pernah kontak dengan pasien A," kata Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, Masagus Hakim, di Pangkalpinang, Selasa.

Baca Juga

Ia mengatakan, sebelumnya tim gugus tugas juga sudah melakukan tes usap kepada 54 orang yang juga pernah kontak dengan pasien A. Sebanyak 20 orang di antaranya merupakan bawahan pasien A.

"Untuk yang sudah diambil sampel pemeriksaan, saya imbau agar melakukan isolasi mandiri hingga hasil pemeriksaan tersebut keluar," katanya.

Masagus menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada diri mereka, keluarga, dan masyarakat agar bisa dideteksi lebih awal penyebaran virus corona di Kota Pangkalpinang. "Dengan pemeriksaan lebih mendalam, kami yakin akan memberikan hasil yang lebih pasti dibandingkan rapid test atau tes cepat. Objek penelitian yang kami ambil tadi akan diuji di laboratorium di Palembang," katanya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Pangkalpinang yang merasa terkena atau merasa ragu dengan kondisi tubuhnya dan was-was atau melakukan kontak dengan yang positif Covid-19 untuk datang ke posko gugus tugas untuk melakukan tes usap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement