Selasa 26 May 2020 07:41 WIB

Cara Sederhana Hilangkan Lemak Perut

Bagi perempuan, setelah menopause, lemak ekstra cenderung menetap di sekitar perut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Bagi perempuan, setelah menopause, lemak ekstra cenderung menetap di sekitar perut (Foto: ilustrasi lemak perut)
Foto: Mentalfloss
Bagi perempuan, setelah menopause, lemak ekstra cenderung menetap di sekitar perut (Foto: ilustrasi lemak perut)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia adalah hal yang normal bila berat badan bertambah. Bagi perempuan, setelah menopause, lemak ekstra bahkan cenderung menetap di sekitar perut.

Namun, ada beberapa penyesuaian gaya hidup sederhana yang dapat membantu mengurangi lemak visceral yang berada di antara organ-organ perut. Dilansir melalui Womans World, Selasa (26/5), berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga

 

Nikmati camilan sore hari

Jika terbiasa mengunyah segenggam kacang di pagi hari, cobalah memindahkan kudapan ke waktu antara makan siang dan makan malam. Para peneliti yang melaporkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa ketika wanita melakukan swap waktu yang sederhana ini, mereka turun 57 persen lebih berat daripada mereka yang tidak.

Karena biasanya ada jeda waktu yang lebih besar antara makan siang dan makan malam, camilan sore dapat meredakan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan di malam hari.

Minum teh hijau

Teh hijau tidak hanya mempercepat penurunan berat badan, itu juga mengurangi lemak perut. Menurut sebuah studi dalam jurnal In Vivo, menyeruput tiga gelas 12 ons atau gelas bir setiap hari (dicampur dengan 1 sendok teh jus lemon dalam setiap tegukan) meningkatkan pembakaran lemak perut sebanyak 76 persen.

Senyawa ampuh yang ditemukan dalam teh hijau meningkatkan kadar hormon leptin penurun nafsu makan sambil mendorong sel-sel otot Anda untuk membakar lebih banyak lemak perut untuk bahan bakar. Sementara jus lemon bisa membantu menghilangkan asam lemak berlebih.

Konsumsi nasi merah

Tukar nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan beras merah untuk makan malam, dan Anda akan meleleh beberapa inci lebih cepat. Para peneliti yang melaporkan dalam International Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa wanita yang makan 3/4 cangkir beras merah setiap hari selama enam minggu dipangkas 2,8 inci dari pinggang mereka (ditambah dua inci dari pinggul mereka), berkat kombinasi serat mengisi serat dan darah magnesium penyeimbang gula .

Buat daftar belanja

Ilmuwan Australia mengatakan wanita yang merencanakan makanan sebelumnya dengan menggunakan daftar belanja mingguan (alih-alih memutuskan saat berbelanja) kehilangan 50 persen lebih banyak berat badan selama enam bulan daripada mereka yang berbelanja daftar tanpa makanan. Memperhatikan apa yang Anda butuhkan membantu Anda mengukur asupan kalori dengan lebih baik dan tetap menjalankan diet seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement