Senin 25 May 2020 12:54 WIB

Warga Muslim di Papua Taati Protokol Saat Ziarah Kubur

warga melakukan ziarah dengan antusias dan menaati protokol kesehatan secara ketat.

Warga melakukan ziarah kubur usai Shalat Idul Fitri 1441 H.
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Warga melakukan ziarah kubur usai Shalat Idul Fitri 1441 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Warga Muslim di Kota Jayapura, Papua melakukan tradisi ziarah kubur bertepatan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Meski dalam suasana pandemi virus Covid-19, warga melakukan ziarah dengan antusias dan menaati protokol kesehatan secara ketat.

Beberapa lokasi tempat pemakaman umum yang dikunjungi warga Muslim saat Idul Fitri atau Lebaran ini di antaranya TPU Abe Pantai Tanah Hitam Abepura, TPU Waena Distrik Heram serta TPU Sentani Kabupaten Jayapura.

"Kami rutin setiap hari raya melakukan tradisi ziarah kubur untuk membacakan doa, ya situasi pandemi Covid-19 kami tetap mengikuti protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun," kata Alhamudin, salah seorang warga yang melakukan tradisi ziarah kubur.

Sementara itu, Suryana, warga muslim lainnya mengakui, ia melakukan ziarah kubur sekaligus untuk membersihkan makam keluarganya dan berdoa. "Keluarga kami yang wafat dimakamkan di TPU Abe Pantai pada 2016, ya tradisi ziarah kubur terus terjaga sampai saat ini," ujar dia.

Para peziarah di TPU Abe Pantai yang menggunakan kendaraan membayar Rp 50 ribu/mobil. Sementara sepeda motor bervariasi, antara Rp10 ribu hingga Rp 20 ribu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement