Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Asal Islam di Inggris, Agama Besar ke-2 Setelah Kristen

Selasa 26 May 2020 01:50 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Islam di Inggris dibawah para imigran dari anak Benua India. Masjid Sentral London (London Central Mosque) di Regents Park, London utara, Inggris.

Islam di Inggris dibawah para imigran dari anak Benua India. Masjid Sentral London (London Central Mosque) di Regents Park, London utara, Inggris.

Foto: Victoria Jones/PA via AP
Islam di Inggris dibawah para imigran dari anak Benua India.

REPUBLIKA.CO.ID, Islam pertama kali masuk ke Inggris pada abad ke-18. Masuknya Islam ke Inggris berkat seorang pelaut yang direkrut dari Benua India. Lebih tepatnya wilayah Bengal. Ia bekerja untuk Kongsi Dagang Hindia Timur Britania.  

Baca Juga

Michael Herbert Fisher dalam jurnalnya yang berjudul "Counterflows to Colonialism" menjelaskan, komunitas awal Muslim pertama banyak didapati di kota-kota pelabuhan. Ini lantaran penyebar Islam di Inggris adalah para pelaut.

Salah satu imigran awal Muslim Asia yang paling terkenal adalah Sake Bengali Dean Mahomet. Ia seorang kapten dari Kongsi Dagang Hindia Timur Britania yang pada 1810 mendirikan restoran India pertama di London. Ia juga terkenal karena memperkenalkan sampo dan terapi pijat ke Inggris.  

Kelompok terbesar tunggal Muslim di Inggris dan Wales adalah keturunan Pakistan dari Distrik Mirpur. Mereka adalah salah satu komunitas Muslim pertama yang secara permanen menetap di Inggris, tiba di Birmingham dan Bradford pada akhir 1930-an. 

Orang dari ekstraksi Pakistan sangat penting di West Midlands (Birmingham), West Yorkshire (Bradford), London (Waltham Forest, Newham), Lancashire/Greater Manchester, dan beberapa kota industri, seperti Luton, Slough, High Wycombe, dan Oxford. 

Sementara itu, orang-orang keturunan Bangladesh juga merupakan komunitas Muslim terbesar kedua setelah Pakistan. Statistik nasional menyebutkan, mayoritas Muslim berasal dari wilayah Sylhet Bangladesh, terutama terkonsentrasi di London (Tower Hamlets dan Newham), Luton, Birmingham, dan Oldham. Muslim Bangladesh membentuk 24 persen dari populasi Muslim, lebih besar daripada kelompok etnis lain.

Ada juga sejumlah imigran Muslim di Inggris yang tiba dari Nigeria. Muslim Nigeria di Inggris diwakili oleh beberapa organisasi masyarakat, termasuk forum Nigeria Muslim, yang berafiliasi dengan Dewan Nigeria Muslim di Inggris dan Irlandia (CNMO) dan Dewan Muslim Inggris (MCB). 

Islam di Inggris kini adalah agama non-Kristen terbesar. Sebagian besar didominasi imigran dari Asia Selatan (khususnya Bangladesh, Pakistan, dan India) atau keturunan imigran dari wilayah itu. Ada pula komunitas lain yang berasal dari Timur Tengah, Afghanistan, Malaysia, dan Somalia serta sebagian kecil dari negara-negara Afrika, seperti Nigeria, Uganda, dan Sierra Leone.

Menurut Sensus Nasional 2011, terdapat 2,7 juta Muslim yang tinggal di Inggris dan Wales, naik hampir satu juta dari sensus sebelumnya. Sebanyak lima persen dari jumlah itu adalah kalangan dewasa, sedangkan 9,1 persen merupakan anak di bawah usia lima tahun.

Sebagian besar Muslim bermukim di Bradford, Luton, Blackburn, Birmingham, London, dan Dewsbury. Selain itu, populasi Muslim juga dapat ditemui di High Wycombe, Slough, Leicester, Derby, Manchester, Liverpool, dan kota-kota pabrik dari Northern England.

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA