Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Masih Ada Warga Berziarah di Masa Pandemi Covid-19

Senin 25 May 2020 11:13 WIB

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Karta Raharja Ucu

Seorang warga sedang berziarah ke makam keluarganya di hari pertama Lebaran 2020, Ahad (25/5) di TPU Cirimeker, Cibinong, Jawa Barat.

Seorang warga sedang berziarah ke makam keluarganya di hari pertama Lebaran 2020, Ahad (25/5) di TPU Cirimeker, Cibinong, Jawa Barat.

Foto: Rahayu Marini Hakim/Republika
Meski jumlah peziarah berkurang, tapi masih ada warga yang datang ke TPU saat Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pandemi covid-19 ternyata tidak menyurutkan sejumlah warga menjalani tradisi berziarah ke makam keluarganya sebelum dan ketika Hari Raya Idul Fitri. Seperti di TPU Cirimeker, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, meski disebut jumlah peziarah berkurang, namun ada warga yang berziarah ke TPU Cirimeker di hari pertama Idul Fitri, Ahad (24/5).

Sejumlah pelayat terlihat membawa bunga, air mawar, dan buku Yassin. Salah satu penjaga makam di TPU Cirimeker, Ali menyebutkan peziarah tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya. Ia menuturkan di tahun sebelumnya pengunjung bahkan membuat macet jalanan utama di depan makam.

“Berkurang dari tahun sebelumnya, biasanya nyampe bikin macet. Ini yang ziarah orang sini aja, biasanya ampe ada yang dari luar kota,” kata Ali, Ahad.

Pria berusia 54 tahun ini menjelaskan masyarakat sudah mengetahui prosedur jika tetap ingin datang ke pemakaman. Karenanya ia hanya menegur peziarah yang tidak memenuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker.

Rifai Bastiawan (17) salah satu penjaga kendaraan bermotor di depan TPU juga menyebut jumlah peziarah berkurang. "Sepi, gak kayak tahun kemarin,” ujarnya.

Sejumlah peziarah yang datang ke TPU Cirimeker terlihat menggunakan masker, tidak berkerumun dan langsung mencuci tangan di tempat yang disediakan pengurus TPU. Di Cibinong sendiri menurut data per 23 Mei 2020 terdapat 15 orang positif covid-19. Dengan jumlah PDP aktif sebanyak 32 orang, hal tersebut menjadikan Kecamatan Cibinong sebagai zona merah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA