Senin 25 May 2020 11:01 WIB

Paket Sembako dari UI untuk Penggali Makam Covid-19

UI bersama Pokja Wartawan Depok membagikan paket lebaran ke masyarakat umum.

UI bersama Pokja Wartawan Depok membagikan paket Lebaran kepada tukang ojek dan penggali makam Covid-19, termasuk masyarakat umum di Kota Depok.
Foto: Humas UI
UI bersama Pokja Wartawan Depok membagikan paket Lebaran kepada tukang ojek dan penggali makam Covid-19, termasuk masyarakat umum di Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI), yang digawangi Resimen Mahasiswa UI (Menwa UI), Pramuka UI, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Fact Checker UI, bersama para wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Depok, kembali melakukan aksi sosial membagikan paket Lebaran kepada masyarakat umum yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Depok.

"Mahasiswa dan wartawan juga membagikan paket kapada anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Masjid Jami Al Huda,” ujar Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Rosari Saleh dalam siaran beberapa waktu lalu.

Rosari menjelaskan, di panti asuhan, para mahasiswa bukan hanya membagikan paket, namun memberikan edukasi tentang hidup sehat dan juga literasi informasi. Tujuannya agar para penerima tidak terserang penyakit sosial, berita bohong, yang mampu menebarkan rasa takut dan cemas berlebihan di masyarakat.

"Menwa UI, sudah selama satu pekan lebih, setiap harinya membagikan sekitar 40 nasi bungkus kepada mahasiswa dari kampus lain, yang terdampak pandemik Covid-19, dengan tinggal sendirian di kost-kostan, karena tidak dapat mudik ke kampung halaman,” kata Rosari menambahkan.

Ketua Menwa UI Chandra Setiawan, menjelaskan, paket yang dibagikan oleh pihak kampus, mahasiswa, dan wartawan, terdiri atas beras, telur, minyak goreng, mi instant, gula pasir, tepung terigu, garam, kecap, teh, kopi, dan ikan kaleng dalam kemasan. Pihaknya menyatakan, sangat berempati terhadap masyarakat yang pasti merindukan untuk dapat merayakan tradisi Lebaran dengan memasak kue dan makanan khas Lebaran.

"Pemberian ini kami harapkan tidak hanya melindungi masyarakat, agar tidak harus ke pasar atau mall, tetapi juga membuat mereka tetap bisa merayakan Lebaran seperti di masa lalu, dengan makanan yang cukup,” kata Chandra.

Dia menjelaskan, Menwa UI bersama Relawan Depok Kondusif dan SatuXDepok24Jam, juga membagikan paket sembako dan alat pelindung diri (APD) bagi para penggali gali makam jasad pasien Covid-19 di Sawangan dan Tapos. "Kolaborasi untuk terus mendukung kerja keras dan ikhlas banyak pihak sudah menjadi panggilan dari kami," ujar Chandra yang juga mahasiswa Program Studi Antropologi Sosial UI Angkatan 2017.

Ketua BEM UI Fajar Adi Nugroho, menuturkan, pihaknya bersama Salam UI telah menggalang dana secara mandiri di berbagai saluran dan platform digital, semenjak awal bulan Mei 2020. Secara total, terkumpul 216 paket Lebaran, untuk dibagikan kepada pengojek pangkalan, mitra pengemudi yang tersebar di beberapa titik pangkalan kampus UI.

"Para pengemudi ojek ini selama bertahun-tahun telah setia mendampingi sivitas akademika UI baik mahasiswa maupun para pengajar,” ujar Fajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement