Senin 25 May 2020 10:40 WIB

Resep dan Cara Membuat Es Kopi dan Cold brew yang Mudah di Rumah

Resep dan Cara Membuat Es Kopi dan Cold brew yang Mudah di Rumah

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Cara membuat cold brew yang sedang tren itu terbilang mudah.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang yang mungkin mencoba membuat minuman-minuman khas kedai kopi favorit mereka, seperti es kopi biasa (iced coffee) hingga cold brew.

Dilansir Live Strong, Minggu (24/5/2020), kedua minuman ini sepintas sama tetapi ternyata berbeda.

AYO BACA: Arti Minal Aidin Wal Faizin dan Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar

AYO BACA: 4 Tempat Sarapan Lontong Kari Enak di Bandung

AYO BACA: Kupat Singkatan ‘Ngaku Lepat’ dan Fakta Unik Ketupat Lainnya

Es kopi dibuat dari bubuk kopi yang sudah diseduh terlebih dahulu. Sementara cold brew lahir dari kopi yang sudah direndam dan diracik tanpa menyeduhnya dengan air panas.

Tertarik mencoba keduanya? Berikut resep sederhana meracik es kopi dan cold brew.

Cold brew

Salah satu tips untuk membuat cold brew yang perlu diketahui, jangan membuang biji kopi yang lebih tua. Peeples mengatakan untuk mengujinya dengan secangkir cold brew.

"Jika Anda memiliki beberapa kantong kopi yang hampir kosong, lemparkan semua biji kopi itu bersama-sama dan buat segelas minuman dingin bersama mereka! Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya,” ujar Graham Peeples, direktur Beverage of Methodical Coffee.

AYO BACA: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Lapar

AYO BACA: 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Lapar

AYO BACA: 8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Selanjutnya, tes waktu dan resep minuman yang berbeda. Setiap orang akan memiliki preferensi yang bervariasi untuk rasa dan seberapa kuat cold brew. Itu sebabnya, Peeples merekomendasikan untuk bereksperimen dengan waktu Anda menyimpannya.

"Jika Anda menyeduh dalam wadah dengan semburan di bagian bawah, jangan takut untuk menuangkan sedikit pada waktu yang berbeda dalam proses pembuatan untuk melihat kapan kopi itu terasa paling enak," kata Peeples.

Peeples mengatakan, setiap kopi akan diseduh sedikit berbeda dan bahkan hal-hal seperti jenis air yang Anda gunakan akan memengaruhi rasanya. Karena itu, dia menyarankan menggunakan air yang telah disaring jika memungkinkan.

Es Kopi

Untuk membuat es kopi di rumah, menurut Kaleigh McMordie, seorang ahli makanan, pertama pilih biji kopi, giling berdasarkan metode pembuatan kopi yang Anda miliki (mesin atau tradisional). Biji kopi yang ditumbuk halus bisa menjadi pilihan utama.

AYO BACA: Mengenal 4 Masjid Tertua di Kota Bandung

AYO BACA: Penderita Diabetes Bisa Makan Kolak, Tapi dengan Aturan Ini

AYO BACA: Tips Manfaatkan THR dengan Bijak dari Ahli Ekonomi

Kemudian, panaskan air, namun jangan terlalu panas, sebaiknya sekitar 200 derajat fahrenheit atau di bawahnya. Gunakan dua sendok kopi untuk enam hingga delapan ons air, jika kopi akan disimpan. Sebaliknya, jika akan meminum segera, gandakan jumlah kopi karena es akan dengan cepat mencairkan kopi buatan.

Dinginkan kopi dan simpan di kulkas sebelum menuangkan es langsung. Jika Anda ingin minum kopi segera, tuangkan langsung di atas es setelah diseduh, aduk dan tambahkan lagi es sesuai kebutuhan.

Tony Raffa, pendiri Zombie Coffee & Donuts di Georgia, Amerika Serikat (AS) menggambarkan rasa kopi es sebagai halus, ringan dan menyegarkan, tetapi juga sedikit asam. Menambahkan susu bisa menjadi pilihan untuk menyeimbangkan rasa.

AYO BACA: Ini Penyebab Kebakaran dan Cara Mencegahnya

AYO BACA: Ramadan Tempo Dulu: Beduk dan Kohkol Masjid Agung Terdengar sampai Dago

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement