Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Australia Barat akan Hadapi Badai Besar

Senin 25 May 2020 15:30 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus Yulianto

Badai angin kencang akan melanda wilayah pesisir timur Australia.

Badai angin kencang akan melanda wilayah pesisir timur Australia.

Foto: abc
Hujan, angin, dan gelombang hingga 8 meter diperkirakan terjadi di beberapa wilayah.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pantai barat Australia bersiap menghadapi badai besar, yang diperkirakan akan mendarat dalam beberapa jam mendatang. Hujan deras, angin kencang, dan gelombang hingga delapan meter diperkirakan akan terjadi di beberapa daerah, dilansir di BBC, Ahad (24/5).

Cuaca buruk adalah hasil dari sisa-sisa siklon tropis Mangga berinteraksi dengan front dingin, menurut Biro Meteorologi.

Pejabat senior di Departemen Kebakaran dan Layanan Darurat (DFES) mengatakan, itu akan menjadi badai sekali dalam satu dekade. "Biasanya badai kami datang dari barat daya dan ini akan datang dari barat laut," kata asisten komisaris DFES Jon Broomhall.

Dia menambahkan bahwa pihak berwenang meminta warga untuk mengamankan properti dan memastikan semua yang longgar diikat. Peringatan cuaca buruk diberlakukan bagi sebagian besar Australia Barat.

"Ini adalah peristiwa langka bagi Australia Barat, terutama karena luasnya wilayah yang terkena dampak dan kemungkinan beberapa daerah cuaca berbahaya," kata Biro Meteorologi.

Hembusan angin 100 km / jam diperkirakan di sepanjang pantai, dengan hembusan terisolasi hingga 130 km / jam. Beberapa daerah dapat menyaksikan hujan hingga 100 mm.

Menurut perkiraan, sistem cuaca tersebut akan menghantam pantai barat pada hari Ahad dan berlanjut hingga Senin.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA