Ahad 24 May 2020 23:26 WIB

Warga Nekat Berkerumun di Kawasan Kali Besar Jakbar

Kerumunan warga dan PKL datang lagi setelah dibubarkan.

Kawasan Kali Besar Kota Tua di Jakarta Barat.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kawasan Kali Besar Kota Tua di Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga nekat berkerumun di kawasan Kali Besar, Jalan Kali Besar Timur karena kawasan wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat ditutup selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Ahad malam. Pengunjung yang berkumpul terdiri dari para remaja hingga keluarga kecil yang membawa anak-anak mereka.

Pada pukul 20.00 WIB, keramaian muncul akibat warga dan pedagang kaki lima (PKL) menghabiskan malam Lebaran mereka di wilayah tersebut. Mayoritas dari mereka tidak menggunakan tidak mengenakan masker sama sekali.

                               

Pengunjung dan pedagang kaki lima banyak berkerumun di sekitar Jembatan Merah dengan duduk-duduk lesehan sembari makan bakso, maupun berswafoto. "Maunya kan ke Kota Tua malam Lebaran ini, tapi geser ke sini, karena tutup. Cuma sebentar saja nongkrong di sini," ujar salah satu pengunjung di sana, Andini (23 tahun).

                               

Selain pengunjung, lapak PKL juga semakin bertambah. Mulai dari lapak makanan dan minuman, hingga ramal dan permainan catur.

                               

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan, pihaknya menjaga ketat kawasan Kota Tua agar tak menimbulkan keramaian selama masa PSBB dan Lebaran Idul Fitri. "Malam ini Kota Tua kami jaga maksimal supaya sepi," ujar Tamo.

                               

Tamo menjelaskan, kerumunan warga dan PKL sempat dibubarkan pukul 19.00 WIB. Namun masih banyak warga dan PKL yang nekat datang.

                               

"Masih banyak warga dan PKL yang nekat datang, tapi akhirnya dihalau kembali ke rumah mereka masing-masing," ujar dia.

                               

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement