Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Gelar Sholat Idul Fitri

Ahad 24 May 2020 22:47 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Gelar Sholat Idul Fitri. Sholat berjamaah di Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Ilustrasi

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Gelar Sholat Idul Fitri. Sholat berjamaah di Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Ilustrasi

Foto: SPA
Sholat Idul Fitri di Masjidil Haram dilakukan dengan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah tetap menggelar sholat Idul Fitri. Pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan di bawah pengawasan tindakan pencegahan kesehatan seperti saat melaksanakan ibadah sholat lainnya.

Dilansir di Saudi Press Agency (SPA), Ahad (24/5) Imam Masjid Syekh Saleh bin Humaid bertanggung jawab memimpin sholat di Masjidil Haram Makkah. Sedangkan Imam Masjid Nabi Syekh Abdullah bin Abdulrahman Al-Baijan memimpin sholat di Madinah.
 
Dalam khutbah Idul Fitrinya, para imam mengucapkan selamat kepada umat Muslim karena sudah melewati satu bulan penuh puasa dan sampai di hari kemenangan ini. Mereka juga berdoa agar Allah SWT menerima segala puasa, doa, amal, dan perbuatan baik umat Muslim.
 
Sebelumnya, diberitakan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, memberikan persetujuan untuk menggelar sholat Id di dua Masjid Suci tersebut. Hal ini disampaikan Presiden Jenderal Dua Masjid Suci, Sheikh Rahman Abdul Rahman bin Abdulaziz Al Sudais.
 
Meski demikian, tidak ada jamaah yang diizinkan menghadiri sholat di kedua situs penting tersebut, sebagai bagian dari pembatasan penyebaran Covid-19. Adapun shalat tarawih selama bulan Ramadhan di Dua Masjid Suci ini sebelumnya juga dilakukan tanpa jamaah dari luar.
 
"Keputusan ini menunjukkan betapa Penjaga Dua Masjid Suci bersemangat untuk menghidupkan kembali ritual besar ini," kata Al Sudais dikutip di SPA, Ahad (24/5).
 
Dalam berita tersebut, dikatakan masjid lain tidak akan menggelar sholat Id. Muazin akan menyuarakan takbir melalui pengeras suara masjid dari subuh hingga waktu sholat Id. 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA