Ahad 24 May 2020 21:55 WIB

Nasihat Pacquiao untuk Kai Sotto yang Bermimpi Tembus NBA

Pacquiao mengingatkan Kai untuk membentuk karakternya sebagai atlet.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Petinju Manny Pacquiao.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petinju Manny Pacquiao.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Legenda tinju asal Filipina Manny Pacquiao mendukung Kai Sotto untuk berkarier sebagai pebasket NBA pertama yang berasal dari negaranya. Kai dikabarkan sedang diproyeksikan tampil di kompetisi basket paling bergengsi di dunia tersebut.

Ia berpesan pada Kai agar fokus meninggalkan jejak bersejarah dalam karier olahraganya. Petinju berjulukan Pacman itu mengingatkan Kai untuk membentuk karakternya sebagai atlet. 

Baca Juga

"Ini persoalan kerja keras dan disiplin. Nasihat yang berharga berasal dari dirinya sendiri, ia tidak boleh menjadi pemalas," katanya seperti dilansir IBTimes, Ahad (24/5). 

Menurut Pacquiao, jika Kai mampu tembus ke panggung NBA pada usia baru menginjak 18 tahun, hal itu dapat menginspirasi atlet muda Filipina lain untuk mengikuti jejaknya. 

"Sebuah kebanggaan jika dia mampu lolos ke NBA. Dia akan jadi yang pertama dan menginspirasi pebasket muda. Yang lain akan mengikuti dan terinspirasi agar ikut tampil di NBA," ucapnya. 

Meski berkarier sebagai petinju, Pacquiao juga bermain basket. Ia punya tim di Filipina yang berlaga di kompetisi profesional.

"Dia butuh terus berlatih kemampuan menembak karena itulah pentingnya bisa menembak sebagai pemain yang tinggi," kata Pacquiao yang mengisi posisi point guard saat bermain. 

Pacquiao memberi contoh pemain asal Yunani Giannis Antetokounmpo yang bertubuh tinggi tapi piawai bermain di luar paint area karena punya kemampuan menembak mumpuni. Ia ingin Kai punya kemampuan yang sama.

Ia berharap, Kai tidak memusingkan tekanan pada dirinya karena menjadi harapan Filipina di pentas basket dunia. Pria berusia 41 tahun itu berpesan agar Kai tetap bersemangat. 

"Yang perlu ia ingat adalah jangan tertekan, terlebih ketika mengalami waktu-waktu sulit. Tetap fokus dan berusaha," katanya. 

Kai baru saja mengumumkan dirinya akan melewati NCAA di Filipina karena ingin tampil di NBAG-League musim depan dalam program pengembangan. NBAG-League merupakan tempat para atlet yang mencoba peruntungannya sebelum menembus NBA.

Dengan postur mencapai 218 cm membuat sosok Kai menjulang tinggi. Ia tercatat berada di peringkat 62 overall serta 11 di posisi center untuk angkatan 2020 versi ESPN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement