Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Melalui Webinar, UBSI Bogor Bagi Tips Lolos Hibah PKM

Ahad 24 May 2020 19:51 WIB

Red: Irwan Kelana

UBSI menggelar webinar Tips Lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

UBSI menggelar webinar Tips Lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Foto: Dok UBSI
PKM berdampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan perguruan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor melaksanakan kegiatan webinar yang mengusung tema ‘Strategi Lolos Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)’ melalui aplikasi zoom meeting conference, Sabtu (16/5). 

Kegiatan webinar yang diikuti oleh 102 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan masyarakat umum ini  dipandu oleh Sunarti selaku moderator. Pemberian sambutan oleh Wakil Rektor II Bidang Non Akademik UBSI,  Suharyanto serta dilanjutkan. Sedangkan pemaparan materi oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Prodi SI UBSI Bogor, Dewi Ayu Nur Wulandari.

“PKM adalah salah satu program yang memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi. Tujuan PKM sendiri antara lain meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri serta menerapkan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi atau kesenian serta memperkaya budaya nasional,” tutur Dewi saat memaparkan materinya di webinar ini seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Dokumentasi kegiatan webinar UBSI yang mengusung tema Strategi Lolos Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melalui aplikasi zoom meeting conference, Sabtu (16/5).  (Foto: Dok UBSI)

Ia menambahkan,  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Salah satunya melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan penambahan kategori baru.

“Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta cara bertindak seorang mahasiswa.  Salah satunya dari PKM ini dan PKM merupakan salah satu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi,” jelas Dewi.

Ia menjelaskan, webinar itu bertujuan ikut serta membantu pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menumbuhkan, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa serta mengedukasi mengenai PKM.

“Walaupun berlangsung secara online, kegiatan webinar Prodi SI UBSI Bogor ini berjalan dengan baik. Hal itu juga  tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk memahami bagaimana strategi untuk lolos dan mendapatkan hibah PKM,” tutup Dewi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA