Ahad 24 May 2020 19:27 WIB

Mahasiswa dan Alumni IPB Asal Kudus Berbagi Bibit & Sembako

Pembagian bibit tanaman untuk membantu ketahanan pangan warga.

Mahasiswa dan alumni IPB University asal Kudus, Jawa Tengah membagikan bibit tanaman dan sembako kepada warga terdampak Covid-19.
Foto: Dok KKB
Mahasiswa dan alumni IPB University asal Kudus, Jawa Tengah membagikan bibit tanaman dan sembako kepada warga terdampak Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID,  KUDUS -- Sebagai tindak lanjut kegiatan Peduli Covid-19 yang sudah dilakukan sejak awal April lalu, mahasiswa dan alumni Institut Pertanian Bogor asal Kudus (Keluarga Kudus Bogor/KKB) kembali menggelar aksi peduli Covid-19 kepada warga masyarakat terdampak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah  dan sekitarnya. Sedikitnya ada sekitar 80 paket sembako, masker dan bibit yang diberikan kepada warga rentan terdampak Covid-19 pertengahan Ramadhan lalu.

Berbeda dengan aksi sebelumnya, selain sembako dan masker, KKB Peduli kali ini juga membagikan bibit tanaman yaitu cabai, kangkung, terung dan papaya.  Hal itu dikatakan Kurniawati Wulansari, STP, alumni Teknologi Pangan dan Gizi IPB University. Ia menyebutkan adanya paket tambahan berupa bibit tanaman bertujuan agar meningkatkan kesiapan para warga terhadap ketahanan pangan di antaranya dengan menanam tanaman yang membutuhkan waktu tanam sampai panen relatif pendek dan dibutuhkan dalam konsumsi pangan sehari-hari.

Agus Satriyo, SP alumni Agribisnis IPB University, menambahkan bahwa penyaluran paket bantuan tahap ketiga ini lebih banyak melibatkan para alumni dan mahasiswa. “Selain bersumber dari dana para donatur, pada penyaluran tahap ketiga ini juga mendapat bantuan dari para alumni yang sedang merintis usaha, kata Agus dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Sebagai contoh, Tempe Sehat Grobogan yang merupakan tempe berbahan baku kedelai lokal diperoleh dari Wakhid Muthowal, STP, MSc alumni IPB University yang saat ini berdomisili di Grobogan. Contoh lain adalah bibit Pepaya Jepang, dari Kurniawati Wulansari, STP alumni IPB University yang saat ini juga menggeluti pembibitan tanaman di pekarangan rumah.

Dalam penyelenggaraan aksi peduli Covid-19 tahap ketiga ini, paket bantuan juga diberikan kepada mahasiswa anggota KKB yang saat ini masih berada di Bogor. Menurut alumni yang ada di Bogor yaitu Dr Suprehatin, dosen Agribisnis IPB University, saat ini ada enam mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan beberapa fresh graduate anggota KKB yang masih di Bogor. “Penyaluran paket bantuan ini sekaligus untuk membangun komunikasi dan berbagi kabar agar mereka tidak terkesan sendiri di Bogor,” kata Suprehatin.

Dalam tiap kesempatan juga diupdate pendataan alumni mahasiswa IPB University asal Kudus. Saat ini sudah teridentifikasi sebanyak 240 alumni dari angkatan 6 (masuk IPB tahun 1969). Lebih lanjut Dr Suprehatin menyampaikan bahwa para alumni tersebut menyebar baik di Kudus maupun luar Kudus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement