Saturday, 13 Zulqaidah 1441 / 04 July 2020

Saturday, 13 Zulqaidah 1441 / 04 July 2020

Membuat Sendiri Sushi Gulung di Rumah

Ahad 24 May 2020 18:46 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sushi gulung.

Sushi gulung.

Foto: Needpix
Trik membuat sushi gulung adalah meratakan nasi bukan menggulungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur Lebaran bisa dimanfaatkan untuk mempererat momen keluarga. Liburan Lebaran tahun ini yang hanya bisa dilakukan di rumah saja bisa dihabiskan dengan memasak.

Salah satu menu yang mudah dan menarik untuk dibuat bersama anak adalah sushi. Chef Uki dari Umaku Sushi mengatakan sushi pada dasarnya adalah membuat kreasi dari nasi dan bahan-bahan lainnya.

"Jika ingin membuat sushi autentik pastikan menggunakan beras Jepang khusus sushi," kata Chef Uki. Beras Jepang bisa ditemukan supermarket premium Ibu Kota. Karena diimpor langsung dari Jepang biasanya harga beras ini cukup tinggi.

Beras Jepang namun tidak bisa langsung digunakan sebagai nasi sushi setelah matang. "Nasi harus ditambahkan cuka, gula, dan garam," katanya. Sushi juga paling nikmat disantap dengan ikan mentah di atasnya.

Tapi jika Anda tidak mau membeli beras Jepang khusus sushi, Chef Uki menyarankan setidaknya pilih beras yang pulen. "Kalau bisa yang paling pulen," ujarnya.

Langkah berikutnya siapkan bahan-bahan lainnya. Misalnya rumput laut lembaran, sosis, mayones, atau isian lain sesuai selera.

Chef Uki mengatakan isian sushi bisa dibuat sekreatif mungkin. "Misalnya punya sisa rendang, suwir saja dagingnya dan jadikan isian sushi roll," kata dia. Beragam sayuran seperti timun dan telur juga dijadikan isian sushi model gulung.

Tapi bila isian atau nasi untuk sushi bisa diganti dengan alternatif lain, ada satu yang wajib dimiliki. Yaitu bambu untuk menggulung sushi. Tanpanya Chef Uki mengatakan akan sulit menghasilkan sushi gulung yang sesuai.

Cara membuat sushi gulung, pertama ratakan nasi di atas lembaran rumput laut. Chef Uki mengingatkan saat meratakan nasi lakukan dengan cara menebarnya hingga rata di seluruh permukaan rumput laut.

"Ingatkan diratakan, bukan ditekan-tekan," katanya. Menekan nasi akan menghasilkan sushi yang terlalu padat. Chef Uki mengatakan nasi yang terlalu padat mengingatkan pada lemper bukan sushi.

Sushi, sebutnya, harus ambyar di mulut pada gigitan pertama atau kedua. Karena itu setelah meratakan nasi baru letakkan isian dan menggulungnya. Sushi kreasi sendiri pun jadi.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA