Ahad 24 May 2020 17:32 WIB

Ingin Sukses? Ini Pesan Khedira untuk Pemain Muda

Rahasia sukses para pesepak bola dunia adalah kerja keras.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Sami Khedira
Foto: EPA-EFE/Maurizio Brambatti
Sami Khedira

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN --Gelandang Juventus Sami Khedira, memberikan wejangan kepada pemain muda agar bisa terjun ke dunia sepak bola profesional.

Namun, Khedira tak memberikan tips yang susah. Menurutnya, rahasia sukses para pesepak bola dunia adalah kerja keras.

Walaupun, kata dia, untuk bisa sampai sana mereka butuh bakat yang tidak bisa dibeli. Bakat itu kemudian harus dibarengi dengan disiplin dan antusiasme yang besar.

''Kalian harus kerja keras setiap hari dan selalu fokus secara maksimal,'' ujar Khedira, dikutip dari Tribalfootball, Ahad (24/5).

Ditambah lagi, perjuangan untuk bisa mencapai level tertinggi di sepak bola tak akan dicapai dengan mudah. Sehingga, pemain internasional Jerman itu minta pemain muda untuk tidak mudah menyerah. Bekerja keras tanpa terganggu hal-hal lain di luar sepak bola juga jadi faktor penting. ''Itu hal paling penting dalam sepak bola,'' ucap dia.

Khedira mengawali kariernya bersama VfB Stuttgart, yang kemudian pindah ke Real Madrid pada 2010. Lima musim di Spanyol, Khedira mengoleksi tujuh gerlar liga domestik dan trofi internasional, termasuk Liga Champions Eropa pada 2014 dan 2015.

Setelah itu pemain berusia 33 tahun tersebut pindah ke klub Italia, Juventus dengan status bebas transfer. Khedira juga pernah mempersebahkan trofi Piala Dunia untuk tim nasional Jerman pada 2014. Sehingga pengalaman sebagai pesepak bola profesional tak perlu diragukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement