Ahad 24 May 2020 16:55 WIB

Presiden Afghanistan Janji Hormati Gencatan Senjata

Gencatan senjata telah dinyatakan semata-mata untuk Idul Fitri.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ashraf Gani
Ashraf Gani

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban telah mengumumkan gencatan senjata dengan Pemerintah Afghanistan yang akan berlaku saat Idul Fitri pada Ahad (24/5).

Ini mengikuti peningkatan serangan oleh kelompok Islam garis keras terhadap pasukan pemerintah dalam beberapa pekan terakhir.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyambut baik pengumuman itu. Dia mengatakan, tentaranya akan menghormati ketentuan gencatan senjata. Gencatan senjata tiga hari kemungkinan akan meningkatkan harapan pengurangan kekerasan jangka panjang di negara ini, dilansir di BBC, Ahad (24/5).

Tetapi gencatan senjata serupa diumumkan untuk Idul Fitri pada 2018 dan tidak diperpanjang."Jangan melakukan operasi ofensif terhadap musuh di mana pun. Jika ada tindakan yang diambil terhadap Anda oleh musuh, bela diri Anda,"kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid pada Sabtu (23/5).

Dia menambahkan, gencatan senjata telah dinyatakan semata-mata untuk Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan."Saya menyambut pengumuman gencatan senjata," Presiden Ghani menulis di Twitter tak lama setelah itu. 

"Saya telah memerintahkan (militer) untuk mematuhi gencatan senjata tiga hari dan untuk membela hanya jika diserang." kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement