Ahad 24 May 2020 14:56 WIB

Umat Kristen dan Katolik Ucapkan Selamat Idul Fitri

Umat Kristen dan Katolik Indonesia mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam.

Rep: Febrianto A Saputro/ Red: Elba Damhuri
Ilustrasi Idul Fitri: Umat Kristen dan Katolik Indonesia mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam.
Foto: MGIT03
Ilustrasi Idul Fitri: Umat Kristen dan Katolik Indonesia mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Kristen berbagi kebahagiaan bersama umat Islam yang merayakan Idul Fitri di tengah pandemi virus corona ini. Umat Kristen Indonesia mengucapkan selamat Idul Fitri bagi kaum Muslim dan berharap Idul Fitri membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia.

"Idul Fitri tahun ini akan banyak berkesan dan dikenang oleh kita semua. Karena tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Idul Fitri tahun ini dilakukan di tengah pandemi yang mengharuskan kita semua harus berdiam diri di rumah," kata Wahyu Daniel, tokoh muda Kristen, yang juga Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia, Sabtu (24/5).

Pada Idul Fitri ini, kata Wahyu, Umat Islam harus menahan diri menemui sanak saudara bahkan orang tua yang berada di kampung halaman. "Namun, kita yakin, bangsa Indonesia bisa bersatu melewati semua ini dengan tegar dan kuat," tegas dia.

Wahyu berharap Idul Fitri ini menjadi momentum bangsa Indonesia terus bersatu dan keluar dari krisis. Indonesia, kata dia, harus keluar dari kondisi saat ini dengan baik.

Rohaniawan Katolik Antonius Benny Susetyo menyampaikan sejumlah pesan damai kepada umat Islam yang akan merayakan Idul Fitri pada lusa mendatang.

"Pesan penting Idul Fitri bersama mewujudkan solidaritas sosial dan kebersamaan dalam mengatasi covid ini," kata Benny kepada Republika.co.id, Jumat (22/4).

Benny mengajak seluruh umat untuk sama-sama mewujudkan persaudaraan sejati dan gotong royong dalam menghadapi Covid-19. Staf Khusus Dewan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut mengaku optimis bangsa Indonesia bisa mengatasi Covid-19 ini dengan baik.

"Kita yakin bulan Ramadhan ini dirahmati Tuhan sebagai berkat dan rahmat-Nya," ungkapnya.

Ia mengingatkan kembali pentingnya pesan dari Vatikan untuk umat Islam yang disampaikan Ketua Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Agama Miguel Ángel Kardinal Ayuso Guixot. Dalam pesannya yang diterima Republika, Kardinal Ayuso mengajak umat Kristiani dan umat Islam untuk bersama-sama melindungi rumah ibadah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement