Saturday, 13 Zulqaidah 1441 / 04 July 2020

Saturday, 13 Zulqaidah 1441 / 04 July 2020

Ayam Begana, Olahan Saat Lebaran Selain Opor

Ahad 24 May 2020 11:45 WIB

Rep: Mimi Kartika / Red: Ratna Puspita

Ayam Begana

Ayam Begana

Foto: Republika/Mimi Kartika
Ayam begana dimasak dengan tambahan kacang tunggak atau kacang tolo.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ayam Begana merupakan makanan asal Betawi dengan bumbu khas kelapa sangrai yang dihaluskan. Beberapa versi resep ayam begana ini ditemukan di internet, tetapi ada resep yang menjadi andalan di Kabupaten Tangerang, Banten, dengan tambahan kacang tunggak atau kacang tolo.

Baca Juga

Ayam Begana kerap menjadi pilihan makanan utama saat perayaan hari besar terutama Lebaran. Meski rumit memasaknya karena membutuhkan banyak bahan, tak ada salahnya mencoba resep ini untuk hari yang spesial.

"Dari kecil keluarga sudah masak ayam begana, emang ribet. Tapi Lebaran enggak lengkap kalau enggak masa ayam ini. Pakai ayam kampung lebih enak," ujar salah satu warga Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Sanimah (50).

Ia memberikan resep keluarga untuk membuat ayam begana. Pertama, rendam kacang tunggak dengan air, lebih baik semalaman agar lebih lunak saat dimasak. 

Kemudian, siapkan satu buah kelapa yang sudah diparut, lalu dibumbui dengan kunyit, garam, satu ruas jahe, satu ruas lengkuas, empat butir bawang merah, dan empat butir bawang putih yang sudah dihaluskan. Supaya gurih tambahkan garam secukupnya, satu sendok teh (sdt) ketumbar, dan satu sdt merica.

Kelapa disangrai hingga kecoklatan lalu dihaluskan, bisa menggunakan blender atau ditumbuk tradisional. Setelah itu, marinasi satu ekor daging ayam, lebih baik daging ayam direbus hingga setengah matang terlebih dahulu.

photo
Ayam Begana - (Republika/Mimi Kartika)

Haluskan bumbu, enam butir bawang merah, tiga butir bawang putih, lima butir kemiri, satu sdt ketumbar, satu sdm lada, empat buah cabai merah, jika pedas dapat dibubuhkan cabai rawit sesuai selera. Jangan lupa, siapkan dua batang sereh, satu ruas jahe, seruas lengkuas yang digeprek, dan lima lembar daun salam, 

Langkah-langkah memasak ayam begana dimulai dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang. Lalu masukkan air putih secukupnya, tunggu hingga air mendidih dan masukkan kacang tunggak.

Rebus kacang tunggak hingga matang dan empuk. Masukkan ayam setengah matang ke dalam rebusan kacang yang sudah berbumbu tersebut. Koreksi rasa, tambahkan garam, gula, serta penyedap rasa secukupnya.

Jika sudah hampir matang, masukkan kelapa sangrai yang sudah dihaluskan tadi, aduk perlahan. Masak hingga daging ayam matang. Ayam begana siap dihidangkan, bisa juga dimakan untuk menemani ketupat.

Sanimah biasa menghidangkan ayam begana untuk santapan anak-anak saat Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi, Lebaran di tengah pandemi Covid-19 membuat anak-anak yang sudah berkeluarga dan tinggal di luar kota tak bisa berkunjung ke rumah.

Ia mengerti hal itu demi kebaikan semua orang agar tidak tertular virus corona. Untuk melepas rindu dan mengucapkan permohonan maaf di hari yang suci, ia memanfaatkan panggilan video.

"Yang penting mereka semua pada sehat, sabar aja biar corona cepat pergi, biar sekeluarga ngumpul semua," kata dia yang kini memiliki 12 cucu dari keempat anaknya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA