Ahad 24 May 2020 10:21 WIB

Wapres Khutbah dan Imami Shalat Id di Rumah Dinas

Selain menjadi imam, Wapres Ma'ruf juga memberi khutbah usai Shalat Idul Fitri.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Ahad (24/5). Shalat Id yang diikuti oleh keluarga inti, sejumlah staf dan pasukan pengamanan presiden (paspampres) diimami langsung oleh Wapres Ma'ruf. Selain menjadi imam, Wapres Ma'ruf juga memberi khutbah usai Shalat Idul Fitri.

"Pak Wapres sendiri yang berkhotbah dan yang memimpin imam, dan menarik khotbah Pak Wapres kali ini," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat dihubungi Republika usai mengikuti Shalat Id di kediaman Wapres, Ahad (24/5) pagi.

Masduki mengungkap, meski digelar di rumah dinas, Shalat Id tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing. Usai shalat juga, salam-salaman menerapkan jaga jarak.

"Sholat Id diikuti Karo Protokol yang menjaga disitu, Paspampres dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, semua berjalan dengan sebagaimana mestinya aturan, setelah shalat, bermaaf-maafan dengan posisi jaga jarak dan lalu kita makan bersama," ujar Masduki.

Ia juga mengungkap, materi khutbah yang diangkat Wapres saat Shalat Idul Fitri di Rumah Dinas, mengutip surat Al Insyirah atau kelapangan. Dalam satu ayatnya, terang Masduki, Allah berfirman bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

Tentu hal ini relevan dengan konteks kondisi lebaran kali ini yang berada dalam situasi pandemi Covid-19.

"(Wapres) katakan bahwa ada dua kemudahan setiap allah memberi cobaan, pasti ada kemudahan di dunia dan di akhirat, di dunia kalau konteksnya pandemi, pasti bisa kita lewati tinggal persoalan kita bagaiamana prinsip bagaiamana protokol kesehatan bisa dipatuhi secara disiplin dan itu butuh kesabaran," kata Masduki.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak menggelar open house lebaran pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah ini. Ini dikarenakan masih terjadinya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Pak Wapres menyampaikan salam, tidak melakukan open house pada tahun ini karena kita sedang menghadapi pandemi Covid-19," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Kamis (21/5).

Wapres, kata Masduki, mengajak masyarakat disiplin mengikuti imbauan dan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Karena itu, silaturahim langsung yang biasanya dilakukan umat muslim pada Hari Raya Idul Fitri sementara dilakukan secara virtual.

"Mohon maap sebesar besarnya, saya kira kita sama sama memaklumi karenq kita masih harus melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana sudah disosialisasikan gugus tugas bahwa kita harus rajin melakukan protokol kesehatan," ujar Masduki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement