Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

In Picture: Muslim Berlin Jalankan Shalat Jumat di Gereja St Martha

Ahad 24 May 2020 01:02 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Yogi Ardhi

Foto: Fabrizio Bensch/Reuters
Masjid di Dar Assalaam Berlin tak bisa tampung shalat jumat karena aturan jaga jarak.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pengurus Gereja Martha Lutheran di Kreuzberg, Jerman menawarkan bantuan kepada umat Muslim setempat agar dapat menggunakan gerejanya untuk beribadah shalat Jumat. Sebab, Masjid Dar Assalam di distrik Neukolln tidak dapat menampung jamaah di tengah aturan menjaga jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus corona.

Jerman telah mengizinkan rumah ibadah untuk melakukan kegiatan keagamaan pada 4 Mei. Namun, para jamaah harus tetap menjaga jarak sosial minimal 1,5 meter. Gereja Martha Lutheran menawarkan bantuan agar umat Muslim dapat tetap melaksanakan ibadah shalat Jumat di akhir Ramadhan.

"Ini adalah pertanda bagus dan membawa sukacita di bulan Ramadhan, terutama di tengah krisis. Pandemi ini telah menyatukan komunitas kita," ujar imam Masjid Dar Assalam kepada Reuters.

Tahun ini umat Muslim di Berlin menjalani ibadah puasa Ramadhan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya mereka berkumpul dengan keluarga, kerabat, dan teman untuk berbuka puasa bersama serta shalat tarawih. Namun, di tengah pandemi virus corona, mereka harus tetap berada di rumah dan menjalani aturan pembatasan sosial.

Sumber : Republika, Reuters

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA