Ahad 24 May 2020 01:45 WIB

Aparat Gabungan Bubarkan Keramaian di Kawasan Alai Padang

Aparat bubarkan lokasi jual beli pakaian di depan SDN 03 Alai, Padang, Sumbar.

Sejumlah warga memadati area penjualan pakaian. Ilustrasi
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah warga memadati area penjualan pakaian. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Tim gabungan dari Kepolisian dan TNI membubarkan keramaian di lokasi jual beli pakaian di depan SDN 03 Alai, Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

"Kegiatan tersebut merupakan upaya membubarkan keramaian demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, di Padang, Sabtu (23/5) malam.

Selain membubarkan keramaian sekitar pukul 21.40 WIB, petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Sekaligus memberi teguran langsung kepada sejumlah warga yang keluar rumah tanpa memakai masker.

Pantauan di lapangan, aktivitas di kawasan Alai yang terdapat pedagang di sisi kanan dan kiri jalan cukup padat sebelum didatangi petugas.

Lokasi tersebut biasanya memang menjadi salah satu tujuan warga untuk berbelanja sebelum Lebaran, seperti baju, baju koko, celana, sendal, sepatu, dompet, dan lainnya.

Menurut salah seorang juru parkir Diego (39), keramaian di kawasan setempat telah terjadi dalam tiga hari terakhir. Keramaian biasanya terjadi sekitar pukul 19.00 WIB atau usai berbuka, hingga sekitar pukul 00.00 WIB.

Hal yang sama juga dikatakan oleh juru parkir lainnya Taufik (24). "Untuk melindungi diri saya mengenakkan masker dan sering cuci tangan," ujar mereka di lokasi terpisah.

Sementara salah seorang pedagang yaitu Andika menyebutkan dirinya tetap berjualan karena kebutuhan ekonomi kendati juga takut terjangkit Covid-19.

"Takut juga, tapi karena kebutuhan ekonomi mau bagaimana pak. Saya juga menjualkan barang orang lain," katanya yang berjualan sepatu.

Pada bagian lain, sebelum sampai di kawasan Alai petugas juga telah menyisir sejumlah titik mulai dari Jalan Khatib Sulaiman, dan Jalan Gajah Mada.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement