Ahad 24 May 2020 09:13 WIB

Sejumlah Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Ada sejumlah teh yang memiliki khasiat mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah teh yang memiliki khasiat mempercepat metabolisme dalam tubuh (Foto: ilustrasi teh)
Foto: Pixabay
Ada sejumlah teh yang memiliki khasiat mempercepat metabolisme dalam tubuh (Foto: ilustrasi teh)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh memiliki khasiat mempercepat metabolisme dalam tubuh. Tubuh akan mampu berkurang beratnya jika metabolisme berjalan cepat seperti saat berolahraga.

"Minum teh akan membantu mengurangi berat badan atau menjaga berat badan karena teh mengisi kekosongan dari minuman yang tinggi gula dan kalori," kata ahli nutrisi, Josh Axe dilansir dari Prevention.com, Ahad (24/5).

Baca Juga

Ia mengingatkan agar tak tergoda dengan ragam minuman di restoran. Sebab, mayoritas diantaranya mengandung gula dan kalori berlebihan.

"Ketika anda mengganti latte, kopi, soda atau jus dengan teh maka anda sudah mengurangi banyak jumlah kalori dalam sehari," ujarnya.

Berikut daftar teh yang dirangkum oleh Josh Axe yang berguna bagi kesehatan tubuh, khususnya mempercepat metabolisme.

"Pada dasarnya, teh tanpa pemanis ialah hasil rebusan daun (teh) ditambah air, rasa yang muncul ya dari daun itu," ucapnya.

Teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan bernama epigallocatechin gallate (EGCG) yang mempercepat metabolisme tubuh.

Teh olong. Teh yang berasal dari Cina sebagai gabungan antara teh hijau dan teh hitam. Teh ini membantu meningkatkan panas tubuh agar lebih banyak mengeluarkan keringat.

Teh hitam. Daun teh yang sama dari teh hijau namun diproses fermentasi dengan cara diangin-angini.

Teh mint. Teh ini dianggap bermanfat mencegah nafsu makan berlebihan. Namun belum ada riset yang mampu mengungkapkannya.

Teh Rooibos. Teh ini berasal dari Afrika Selatan yang manfaatnya membakar lemak. Teh ini dianggap punya rasa yang lebih berwarna.

Teh putih. Teh ini diperoleh dari pemprosesan daun teh lebih awal sebelum daun teh terbuka penuh. Hal ini guna mencegah daun jadi kering sehingga tak terjadi oksidasi.

Teh Pu-erh. Sejenis teh hitam yang berasal dari provinsi Yunnan, Cina. Teh ini melalui proses fermentasi

Teh buah herbal. Banyak alasan kesehatan untuk minum teh jenis ini. Salah satunya,anda tetap bisa merasakan sensasi buah tanpa pemanis, perasa buatan atau soda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement