Ragam Kudapan Ramadhan Manis dan Gurih dari Turki

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 24 May 2020 02:23 WIB

Roti pidesi atau pide, hidangan khas Ramadhan di Turki. Foto: iStock Photo Roti pidesi atau pide, hidangan khas Ramadhan di Turki.

Warga Turki menggemari baklava sebagai kudapan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Umat Muslim di Turki dan negara lainnya saat ini tengah menjalani hari-hari terakhir Ramadhan dan ibadah puasa. Selama satu bulan penuh, umat Islam menjalankan ibadah puasa di siang hari dan berbuka di malam hari bersama keluarga dan kerabat.

Bulan suci Ramadhan bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga tentang beramal dan menjaga tubuh serta pikiran agar tetap sehat. Dilansir di Daily Sabah, berpuasa dikenal luas memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari detoksifikasi hingga peningkatan kesehatan jantung, fungsi kognitif tubuh, dan penurunan berat badan.

Waktu buka puasa dan sahur adalah momen yang tepat untuk mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi. Asupan ini berguna dalam menjaga kondisi tubuh tetap prima sepanjang hari.

Baca Juga

Kurma

Salah satu kudapan yang penting dikonsumsi selama bulan suci adalah kurma atau hurma dalam bahasa Turki. Nabi Muhammad SAW menyarankan berbuka puasa menggunakan kurma dan tradisi ini telah berlaku sepanjang sejarah.

Meski berukuran kecil, kurma mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Termasuk di dalamnya Vitamin B, zat besi, magnesium, kalium, mangan, bahkan protein.

Roti pide

Makanan khas Turki lainnya yang biasa dimakan selama Ramadhan adalah pide atau pidesi. Makanan ini berbentuk roti bundar dengan pola desain baklava sebagai keraknya. Saking terkenalnya roti ini, di setiap toko roti terlihat antrean yang mengular berisi orang-orang Turki.

Meski harus diakui, untuk tahun ini antrean untuk roti pide lebih pendek. Namun, bukan berarti warga Turki meninggalkan tradisi mereka. Tukang roti di kota juga memastikan setiap rumah memiliki pide selama penguncian, dengan melakukan pengiriman ke seluruh kota.

Apa yang membuat roti ini istimewa? Pide dibuat dari adonan roti pipih yang ditambah gula, minyak, susu, dan telur. Dibutuhkan beberapa waktu untuk membuat adonan mengembang sebelum dipanggang dalam oven kayu.

Untuk membuat roti ini, dibutuhkan kemampuan khusus terutama dalam hal membalik pida sembari dimasak dan menyikatnya dengan "ifa", yang berarti "kesehatan" dalam bahasa Turki. Ada campuran air khusus yang disiapkan untuk membuat efek cahaya kuning keemasan pada roti. 

Boks makanan Ramadhan

Meski tidak semua warga Turki terbiasa dengan tradisi Ramadhan, namun bisa dipastikan mereka telah melihat kotak-kotak makanan persediaan liburan dengan beragam bentuk dan ukuran di toko-toko seluruh negeri. Kotak-kotak ini disiapkan untuk membantu masyarakat memiliki berbagai macam produk dalam menyiapkan makanan sahur dan buka puasa.

Komponen penting dari isi kotak-kotak ini adalah zaitun yang dapat dikonsumsi secara utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti beras dan lentil, serta bahan makanan penutup tradisional seperti irmik (semolina) atau campuran puding.

Bahan tambahan lainnya bisa berupa orzo (pasta berukuran kecil) untuk ditambahkan pada nasi, saus tomat untuk membumbui kacang, selai buah, serta sekotak teh kering, dan gula yang dapat digunakan untuk mempermanis makanan atau minuman.

Inti tersedianya kotak-kotak ini adalah membiarkan warga memiliki variasi bahan makanan dengan harga diskon. Keberadaannya menjadi peluang bagus untuk mencukupi stok dapur.

 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X