Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Latihan Olahraga Selama Karantina Bagi Penderita Diabetes

Ahad 24 May 2020 06:52 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Bagi penderita diabetes olahraga teratur penting meningkatkan kontrol gula darah (Foto: ilustrasi olahraga)

Bagi penderita diabetes olahraga teratur penting meningkatkan kontrol gula darah (Foto: ilustrasi olahraga)

Foto: www.freepik.com
Bagi penderita diabetes olahraga teratur penting meningkatkan kontrol gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aturan karantina di rumah saja tak berarti menghentikan kegiatan berolahraga. Bagi penderita diabetes tipe dua atau prediabetes, olahraga teratur sangat penting untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Tak harus melakukan olahraga ekstrim, namun, memulai dengan level yang mudah hingga sedang. Dan jangan lupa, untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rencana olahraga baru, terutama jika Anda memiliki diabetes atau kondisi mendasar lainnya.

Ketika Anda bergerak lebih banyak, otot Anda bekerja lebih keras. Maka otot menggunakan lebih banyak bahan bakar favorit mereka, yaitu glukosa atau dikenal sebagai gula darah.

“Olahraga sangat penting bagi pasien diabetes.  Ini menurunkan gula darah dan tingkat stres, yang membuatnya membantu dalam mencegah penyakit dan mengendalikannya,” ujar dokter keluarga Dr Sarah Brewer, dilansir di laman Mirror, Ahad (24/5).

Penderita diabetes tipe 2 atau prediabetes direkomendasikan olahraga moderat 150 menit per pekan yang sama seperti kita semua. Dengan catatan, harus berhati-hati untuk tidak melewatkan lebih dari dua hari latihan berturut-turut untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan gula darah stabil.

Dengan kata lain, durasi olah raga yang tepat bagi penderita diabetes adalah sekitar 30 menit berolahraga, pada lima hari dalam satu pekan. Aktivitas aerobik dengan intensitas sedang pada dasarnya berarti berolahraga pada tingkat yang meningkatkan detak jantung Anda dan membuat Anda sedikit kehabisan napas. Ini dapat mencakup kegiatan di luar ruangan seperti jalan cepat, jogging ringan, mengendarai sepeda, tenis dan golf.

Untuk membuat target mingguan 150 menit lebih mudah dicapai, kuota latihan harian Anda dapat dibagi menjadi potongan 10 menit sepanjang hari, sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan diri. Ketika dalam karantina, pilih dan campur dari kegiatan berikut untuk membantu melakukan latihan selama 30 menit, lima kali dalam satu pekan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA