Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Jelang Lebaran, Mendag Pantau Harga Pangan di Tangsel

Sabtu 23 May 2020 19:17 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Hiru Muhammad

Menteri perdagangan Agus Suparmanto didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meninjau harga pangan di Pasar Modern, BSD, Serpong, Tangsel, Sabtu (23/5)

Menteri perdagangan Agus Suparmanto didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meninjau harga pangan di Pasar Modern, BSD, Serpong, Tangsel, Sabtu (23/5)

Foto: istimewa
Operasi pasar diharapkan dapat membantu warga yang ingin membeli bahan pangan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN--Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meninjau harga bahan pangan di Pasar Modern BSD di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (23/5). Peninjauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok dan bahan baku pangan menjelang lebaran tahun 2020.

“Beberapa harga yang pada umumnya stabil dan ada sedikit penurunan dari bulan lalu, kami jelaskan berkaitan dengan harga daging dan harga ayam cukup stabil kecuali harga gula pasir dan bawang merah, harga bawang putih dan bombay sekarang sudah turun,” katanya dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (23/5).

Dirinya melanjutkan untuk gula pasir, memang beberapa hari lalu harganya terbilang masih tinggi. Untuk menekan lonjakan harga gula tersebut, pihaknya melakukan operasi pasar yang telah dilakukan di Pasar Induk Senen Jakarta, lalu di pasar Serpong dan kini di Pasar Modern BSD.

"Kami melakukan operasi pasar gula dengan harga jual Rp 12.500 per kilogram di Jakarta dan Tangerang Selatan. Ini untuk menekan harga gula yang masih bergerak di atas harga eceran tertinggi (HET)," kata Agus.

Dalam program operasi pasar gula, pihaknya telah menggelontorkan 36.500 ton gula yang tersebar di seluruh daerah termasuk Tangerang Selatan. Sehingga dipastikan untuk stok bahan gula di wilayah DKI cukup dengan harga terjangkau termasuk Pasar BSD dan Serpong.

"Kami buat kesepakatan dengan produsen agar jual seharga Rp 11.200 per kilogram. Harapan kami distributor akan menjual ke pengecer akhir paling tinggi adalah Rp 12.000 per kilogram. Saya berharap dengan operasi pasar ini, harga gula kembali normal," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengaku masih banyak pedagang yang menjual gula di atas harga eceran. Menurutnya sebelum ada operasi pasar harga gula berkisar Rp 18.500 sampai dengan Rp 20.000. “Nah tadi setelah ada operasi pasar oleh pak menteri, harga gula cenderung turun sekarang ini jadi Rp 12,500," ujar Airin.

Ia berharap dengan adanya operasi pasar tersebut, dapat membantu warga yang ingin membeli bahan pangan menjelang lebaran. Diketahui sejumlah bahan pangan setiap menjelang lebaran harganya cenderung naik. “Dengan adanya operasi pasar ini tentu bisa membantu warga yang ingin membeli  bahan pangan dengan harga murah,” katanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA