Sabtu 23 May 2020 18:55 WIB

Dukung Perangi Covid-19, Sampoerna Donasi Ventilator dan APD

Khofifah mengatakan, bantuan tersebut membantu penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung bantuan Sampoerna berupa 2 unit ventilator, 5.000 masker, 500 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5).
Foto: dokpri
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung bantuan Sampoerna berupa 2 unit ventilator, 5.000 masker, 500 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sejumlah pemerintah daerah memberikan apresiasi atas bantuan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) dalam membantu pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19, baik di tingkat nasional maupun daerah. Kali ini dengan menyerahkan donasi berupa 14 unit alat bantu pernapasan buatan atau ventilator, 45 ribu masker, 4.000 baju hazmat, 600 set alat pelindung diri (APD), dan 900 unit pelindung wajah (face shield) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Pemerintah Kota Surabaya yang diwakili oleh Wali Kota Tri Rismaharini, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan tersebut membantu penanganan Covid-19 di wilayahnya. Pada Kamis lalu, Sampoerna memberikan tiga unit ventilator, 5.000 masker, 1.000 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah kepada Pemprov Jatim melalui Yayasan Rumah Kita.

"Terima kasih Yayasan Rumah Kita yang memberikan bantuan tiga ventilator melalui gugus tugas provinsi," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/5).

Didampingi Kepala pelaksana BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono dan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jatim, dr Joni Wahyuhadi, Khofifah, yang juga tokoh Muslimat, mengatakan, alat-alat medis ini akan segera didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung bantuan Sampoerna berupa 2 unit ventilator, 5.000 masker, 500 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5).

Ridwan Kamil mengibaratkan dukungan yang disampaikan Sampoerna sebagai alat perang melawan virus Corona. "Tanpa bantuan ini, alat-alat perang (melawan Covid-19) terbatas," ucapnya di sela-sela serah terima donasi tersebut.

Dari Balai Kota Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini, yang menerima bantuan tiga unit ventilator, 250 baju hazmat, 50 set APD, dan 200 unit pelindung wajah, mengatakan, bantuan ini bermanfaat bagi tenaga medis.

Risma berharap banyak pihak yang terdorong untuk mengikuti langkah Sampoerna. "Ini akan membantu saudara-saudara kita, para tenaga medis, yang saat ini sedang berjuang untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita," ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, Kamis.

Pada awal Mei 2020, Sampoerna juga telah memberikan bantuan sebesar Rp 5 miliar kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Bantuan kepada para tenaga medis ini diserahkan oleh Elvira melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia di Jakarta, 8 Mei 2020.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk alat-alat kesehatan, seperti masker bedah, masker N95, alat uji cepat (rapid test) Covid-19, baju hazmat, cairan disinfektan, dan alat penyemprot disinfektan. PERSI selanjutnya akan menyalurkan bantuan Sampoerna ke rumah sakit yang berada di wilayah Jawa Timur.

Secara terpisah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk dukungan Sampoerna terhadap instruksi Presiden Joko Widodo agar seluruh komponen bangsa, termasuk sektor swasta, membantu melandaikan kurva penularan Covid-19 secepat mungkin.

Elvira mengatakan, sejak Maret lalu, Sampoerna terus memberikan dukungan terhadap upaya-upaya memerangi pandemi Covid-19.

"Salah satunya dengan membantu Pemerintah Provinsi dan Kota/Kabupaten dengan memberikan bantuan APD full set untuk tenaga medis yang bertugas di garda terdepan serta mendonasikan mesin ventilator untuk beberapa rumah sakit setempat,” ujar Elvira.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement