Sabtu 23 May 2020 17:38 WIB

AS Setujui Penghentian Layanan Sementara 15 Maskapai

Semua bandara tetap akan terus dilayani, setidaknya oleh satu maskapai penerbangan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Salah satu maskapai Amerika Serikat, Delta Airlines. Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam mengatakan, mereka telah memberikan persetujuan tentatif kepada 15 maskapai penerbangan.
Foto: www.youngcons.com
Salah satu maskapai Amerika Serikat, Delta Airlines. Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam mengatakan, mereka telah memberikan persetujuan tentatif kepada 15 maskapai penerbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam mengatakan, mereka telah memberikan persetujuan tentatif kepada 15 maskapai penerbangan. Persetujuan itu terkait penghentian layanan sementara ke 75 bandara AS karena pandemi Covid-19.

Sebenarnya maskapai harus mempertahankan tingkat layanan minimum agar menerima bantuan pemerintah. Hanya saja, banyak yang mengajukan petisi untuk menghentikan layanan ke bandara dengan permintaan penumpang rendah.

Baca Juga

United Airlines (UAL.O) dan Delta Air Lines (DAL.N) memenangkan persetujuan tentatif untuk menghentikan penerbangan ke 11 bandara. Sementara JetBlue Airways Corp (JBLU.O), Alaska Airlines (ALK.N), dan Frontier Airlines disetujui untuk masing-masing menghentikan penerbangan ke lima bandara.

Departemen Transportasi AS menegaskan, semua bandara tetap akan terus dilayani, setidaknya oleh satu maskapai penerbangan. Departemen Transportasi juga mengatakan, keberatan atas pesanan dapat diajukan hingga 28 Mei. 

Maskapai di AS secara kolektif membakar dana lebih dari 10 miliar dolar AS per bulan. Hal itu karena, permintaan perjalanan menjadi lebih sedikit dibandingkan yang sebelumnya, meski sedikit meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Para maskapai pun telah memarkir lebih dari setengah pesawat. Bahkan memotong ribuan jadwal penerbangan. 

Dilansir Reuters pada Sabtu, (23/5), sebelumnya Departemen Transportasi sudah memberikan keringanan kepada maskapai penerbangan supaya membatalkan beberapa penerbangan tambahan dan menolak yang lain. Pada 12 Mei, Departemen Transportasi mengatakan bakal mengizinkan operator menghentikan penerbangan hingga 5 persen dari tujuan yang diperlukan. 

Perlu diketahui, di bawah perintah tentatif, Delta dapat menghentikan layanan ke Aspen, Colorado, Bangor, Maine, Flint, Michigan, Santa Barbara, California, Lincoln, serta Nebraska. Sedangkan United bisa menghentikan layanan ke Chattanooga, Tennessee, Hilton Head dan Pantai Myrtle, South Carolina, Key West, Florida, Lansing, Kalamazoo, dan Michigan. 

Kemudian Jetblue dapat menghentikan penerbangan ke Albuquerque, New Mexico, Palm Springs dan Sacramento, California, Sarasota, Florida, Worcester, juga Massachusetts. Sedangkan Alaska bisa menangguhkan penerbangan ke Charleston dan South Carolina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement