Senin 25 May 2020 17:45 WIB

JK Rowling Ungkap 'Tempat Kelahiran' Harry Potter

Rupanya, novel Harry Potter lahir bukan di tempat yang dikira banyak penggemar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
JK Rowling menjelaskan, novel Harry Potter pertama kali ditulis bukan di lokasi yang sering disebut banyak penggemar.
Foto: Time
JK Rowling menjelaskan, novel Harry Potter pertama kali ditulis bukan di lokasi yang sering disebut banyak penggemar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis JK Rowling mengungkapkan lokasi yang menjadi tempatnya mulai menulis buku Harry Potter. Pernyataannya itu bertentangan dengan para penggemar yang selam bertahun-tahun percaya bahwa Edinburgh adalah tempat kelahiran Harry Potter.

Dilansir laman Insider, Elephant House di Edinburgh, Skotlandia dianggap sebagai tempat penulis berusia 54 tahun itu menulis novel pertama dari tujuh buku fantasi Harry Potter. Meskipun Rowling sering mengunjungi kafe itu pada awal karirnya menulis, tetapi dia mengatakan seri Harry Potter ditulis di London, yakni di sebuah flat di atas toko olahraga di Clapham.

Baca Juga

Mengacu pada tulisan di Elephant House yang bertuliskan “tempat kelahiran Harry Potter,” Rowling menceritakan proses penulisan Harry Potter lewat Twitter.

“Saya telah menulis Potter selama beberapa tahun, sebelum saya menginjakkan kaki di kafe ini, jadi ini bukan tempat kelahiran, tetapi saya pernah menulis di sana, sehingga biarkan saja,” tulisnya.

Rowling membagikan foto flat Clapham, tempat ia memulai proses penulisan.

“Ini adalah tempat kelahiran Harry Potter yang sebenarnya. Jika Anda mendefinisikan 'tempat kelahiran' sebagai tempat saya meletakkan pena di atas kertas untuk pertama kalinya” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement