Amalan yang Dilakukan para Syekh di Malam Hari Raya

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

 Sabtu 23 May 2020 18:18 WIB

Amalan yang Dilakukan para Syekh di Malam Hari Raya. Ilustrasi. Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO Amalan yang Dilakukan para Syekh di Malam Hari Raya. Ilustrasi.

Para syekh melakukan doa dan dzikir di malam hari raya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam hari raya Idul Fitri sebentar lagi akan ditemui seluruh umat Muslim. Sambil menunggu waktu tersebut, ada baiknya perlu disimak beberapa amalan ibadah yang baik untuk dilakukan sebagaimana yang dilakukan para alim ulama dan syekh.

Baca Juga

Imam Syafi’i dalam kitabnya berjudul Al-Umm mengatakan, pada malam hari raya banyak para syekh yang melakukan doa dan dzikir sampai berlalu satu malam. Mereka selalu menghidupkan malam di 10 hari terakhir Ramadhan, terlebih menjelang detik-detik penutupan Ramadhan.

Imam Syafi’i berkata: "Ibrahim bin Muhammad mengabari kami, dia berkata: Aku melihat para syekh dari kalangan penduduk Madinah muncul mengingat Allah sampai berlalu satu saat dari malam."

Telah sampai pula riwayat kepada Imam Syafi’i bahwa Umar selalu menghidupkan malam-malam penutup Ramadhan. Sehingga memang, alangkah baiknya umat Muslim lebih gemar melakukan amalan ibadah dalam mengisi malam penghabisan Ramadhan ketimbang berkeliaran di pusat perbelanjaan di masa pandemi Covid-19 masih berlangsung seperti sekarang.

Banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan di malam hari raya Idul Fitri. Salah satu yang disunahkan menurut Imam Syafi’i adalah dengan bertakbir. Bertakbir sepanjang malam hari raya hingga pagi dan imam sholat Idul Fitri memulai sholatnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X