Sabtu 23 May 2020 16:56 WIB

Truk Tangki BBM Terbakar Saat akan Loading di Grobogan

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Kunden tersebut untuk sementara dihentikan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mobil tangki BBM terbakar. Ilustrasi
Foto: dok. Istimewa
Mobil tangki BBM terbakar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Satu unit mobil tangki angkutan bahan bakar minyak (BBM) terbakar di area Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di wilayah Desa Kunden, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5) sekitar pukul 13.05 WIB.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, sedianya truk tangki BBM -- berkapasitas angkut 32 kilo liter (KL) tersebut — akan me-loading produk BBM ke dalam tangki timbun SPBU 44.581.05.

Dilaporkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran truk tangki BBM di area SPBU ini. Namun aktivitas pengisian BBM di SPBU Kunden tersebut untuk sementara dihentikan, guna keperluan investigasi.

Pihak Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya musibah terbakarnya truk tangki BBM tersebut.

“Namun penyebab terjadinya kebakaran mobil tangki BBM di area SPBU 44.581.05 ini masih dalam investigasi,” ungkap Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Anna Yudhiastuti.    

Ia juga menjelaskan, sehubungan dengan musibah terbakarnya mobil tangki BBM di SPBU 44.581.05 Kunden, Wirosari, Purwodadi, saat ini telah dapat dikuasai. Kobaran api telah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan pihak Pertamina.

“Pertamina MOR IV juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam musibah terbakarnya truk tangki pengangkut BBM bernomor polisi G 1972 EE, di area SPBU Kunden tersebut,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, truk tangki yang kapasitas 32 KL tersebut, rencananya akan mengisi produk BBM di dua SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan. Masing- masing SPBU 44.581.05 Kunden dan SPBU 44.592.06 Toroh, Purwodadi.

Namun dikarenakan kejadian kebakaran tersebut --saat ini-- pengisian BBM di SPBU 44.592.06 harus dialihkan dengan mobil tangki BBM lainnya, dari Fuel Terminal (Terminal BBM) Pertamina, Boyolali.

Terkait dengan penyebab kebakaran, Anna juga menyampaikan, saat ini masih dalam upaya investigasi oleh aparat kepolisian setempat bersama dengan tim dari Pertamina MOR IV. Termasuk berapa kerugian yang diakibatkan.

Sedangkan akibat peristiwa ini, aktivitas penyaluran BBM di SPBU 44.581.05 dihentikan sementara operasionalnya.

“Untuk sementara, konsumen yang membutuhkan BBM dapat mengisi di SPBU terdekat, yakni SPBU 43.581.12 dan 44.581.13, Grobogan,” tambah Anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement