Idul Fitri, PGI: Momen Bersama Keluar dari Covid-19

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Indira Rezkisari

 Sabtu 23 May 2020 15:45 WIB

Idul Fitri di tengah pandemi dipandang PGI bisa jadi cara merajut kerukunan dan perdamaian sesama umat manusia. Foto: Republika.co.id Idul Fitri di tengah pandemi dipandang PGI bisa jadi cara merajut kerukunan dan perdamaian sesama umat manusia.

PGI menganggap Idul Fitri bisa jadi momen memupuk solidaritas bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom menyampaikan rasa bahagia terkait datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Dia menambahkan, dengan datangnya hari kemenangan umat Muslim ini, diharapkan semua umat bisa semakin merajut kerukunan dan kedamaian bersama.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada pembaca setia Republika, dan semua saudaraku umat Muslim di manapun berada,” ujar dia, Sabtu (23/5).

Sambung dia, dengan adanya momentum hari yang fitri bagi umat Muslim dan bertepatan pada hari Ahad itu, ada baiknya semua pihak, khususnya anak bangsa untuk memupuk solidaritas bersama. Utamanya, bersatu dan saling bahu membahu untuk keluar dari masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang masuh merebak.

“Saya juga berharap agar saudara-saudara Muslim saya tidak melakukan mudik atau pulang kampung,” kata dia.

Gomar tak menampik, hal tersebut memang sulit dilakukan, terlebih dengan sulitnya bersilaturahmi dan berkumpul langsung dengan keluarga seperti biasanya. Namun demikian, ia menyebut, dengan bersilaturahmi melalui daring, tidak mengurangi rasa sukacita dan kegembiraan di hari lebaran kali ini.

Dia menegaskan, dengan memenangkan ujian sebulan penuh dengan berpuasa, kiranya seluruh umat Muslim dapat mensyukuri kemenangannya tersebut. Terlebih, ketika menjalankannya di masa sulit akibat adanya Covid-19 dan pembatasan sosial.

“Tuhan yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih akan memenangkan Indonesia,” harap dia.

 


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X