Sabtu 23 May 2020 14:49 WIB

Pasien Covid-19 Butuh Dukungan Moril

Pasien positif dan pasien sembuh Covid-19 butuh dukungan moril

Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.
Foto: AP
Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM  - Wakil Bupati atau Wabup Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hamdam menyebutkan pasien yang terpapar Corona virus Disease atau Covid-19 membutuhkan dukungan moril secera penuh dari lapisan masyarakat, sehingga kondisi kesehatan cepat pulih atau sembuh.

"Pasien positif dan pasien sembuh Covid-19 butuh dukungan moril atau semangat agar kondisinya cepat pulih seperti semula," tegas Hamdam, Sabtu (23/5)

Wabup berharap seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan agar seluruh pasien terpapar virus corona di Kabupaten Penajam Paser Utara bisa disembuhkan. Masyarakat juga jangan pernah menilai ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pemantauan) terkait Covid-19 lanjut Hamdam, adalah suatu aib atau penyakit yang memalukan.

"Jangan menjadi perbedaan bagi mereka yang diisolasi di rumah secara mandiri karena bukan aib dan dihindari, tapi harus diberikan dukungan moril," ujarnya.

Peran masyarakat sekitar menurut Hamdam, dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi kesehatan para ODP maupun PDP terkait virus corona tersebut. Wabup menimpali lagi, jangan kucilkan warga yang mengisolasi diri secara mendiri di rumah terkait Covid-19 beserta keluarganya.

Selain pengobatan secara medis juga memerlukan dukungan agar psikologis tidak terganggu, sebab peningkatan imunitas tubuh menjadi salah satu faktor pendorong kesembuhan pasien Covid-19.

"Bantu mereka dengan bentuk keprihatinan, motivasi, dukungan moril, dan tetap pula mengedepankan kewaspadaan dengan menjaga jarak. Tapi jangan pernah kucilkan warga yang berstatus ODP maupun ODP terkait virus corona agar cepat sembuh dan pulih kondisinya," ucapnya.

Hamdam juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak mengucilkan ODP maupun PDP dan keluarganya yang memiliki riwayat perjalanan Ke Kabupaten Gowa dan Kabupaten Magetan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement