Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Ancelotti: Zidane Ubah Filosofi Sepak Bola Saya

Sabtu 23 May 2020 14:12 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Zinedine Zidane (kiri) saat menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti (kanan) di Real Madrid.

Zinedine Zidane (kiri) saat menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti (kanan) di Real Madrid.

Foto: AP Photo/Daniel Tejedor
Zidane adalah pemain pertama yang membuat Ancelotti mengubah sistem permainan.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, mengatakan, sosok Zinedine Zidane berhasil mengubah filosofinya dalam melatih sebuah tim sepak bola. Hal itu ia alami ketika menangani Zidane di Juventus 20 tahun silam.

Pelatih asal Italia itu mengatakan, dirinya harus mengubah skema pertandingan agar Zidane cocok di dalam skuatnya. "Dengan Zidane, saya mencoba mengganti sistem," katanya kepada Sky Sports, dikutip Marca, Sabtu (23/5).

Menurut Ancelotti, Zidane adalah pemain pertama yang membuatnya mengubah sistem permainan. Saat itu di tahun pertama bersama Juventus, ia menerapkan 3-4-1-2, menaruh Del Piero dan Inzaghi di depan lalu Zidane di belakang ujung tombak.

"Di tahun kedua, saya memakai empat bek tapi tetap dengan dua striker di depan, lalu Zidane di belakang penyerang," jelas Ancelotti. "Zidane mengubah ide saya tentang sepak bola. Saya sempat bingung karena Juventus memakai 4-4-2 setelah ada Zidane. Saya ubah karena saya ingin dia berada di tempat kesukaannya."

Di satu sisi, Ancelotti juga mengapresiasi kinerja Zidane yang menjadi asistennya ketika melatih Real Madrid di musim 2013/2014 karena berhasil menjuarai Liga Champions.

"Tim ini memiliki beberapa masalah dalam beberapa tahun ketika saya datang ke sini. Saat itu Real Madrid tidak pernah menang dalam 12 musim Liga Champions," kata Ancelotti. "Saya berkata pada Zidane ketika kami memiliki Cristiano Ronaldo agar tidak perlu membentuk formasi kaku. Tapi, hanya perlu menempatkan Ronaldo di posisi kesukaannya."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA