Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Innalillahi, Ayah Khabib Selama 10 Hari tanpa Tindakan Medis

Sabtu 23 May 2020 13:47 WIB

Red: Didi Purwadi

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Foto: instagram khabib_nurmagomedov
Ayah Khabib sudah sakit selama 10 hari tanpa ada penanganan saat berada di Dagestan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos Fight Nights Global, Kamil Gadzhiev, mengatakan kepada harian olahraga Rusia Sport Express bahwa kondisi Abdulmanap Nurmagomedov masih kritis, tetapi stabil. Promotor MMA ini sebelumnya menyebut ayah Khabib Nurmagomedov ini selama 10 hari sudah sakit tanpa ada penanganan medis.

"Kondisinya masih serius, tapi stabil. Seperti hari-hari sebelumnya, belum ada perubahan," kata Gadzhiev kepada Sport Express, yang dikutip rt.com, Jumat (22/5).

Gadzhiev sehari sebelumnya membeberkan fakta yang mengejutkan terkait kondisi Abdulmanap. Sebelum dilarikan ke rumah sakit di Dagestan pada akhir April lalu, Abdulmanap sudah sakit selama 10 hari tanpa ada penanganan medis.

"Kita bicara soal Abdulmanap yang sakit saat masih berada di Dagestan," kata Gadzhiev kepada Sport Express. "Abdulmanap saat itu tidak benar-benar mendapatkan penanganan selama 10 hari."

Gadzhiev tidak tahu mengapa ayah sekaligus pelatih dari pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC Khabib Nurmagomedov itu tidak langsung dirawat ketika mengalami gejala sakit. Abdulmanap baru memperoleh tindakan medis setelah 10 hari tanpa penanganan.

"Mengapa mereka tidak langsung menolong? Mungkin mereka tidak tahu bahwa sakitnya itu adalah Covid," kata Gadzhiev menebak-nebak alasan mengapa Abdulmanap tidak langsung dibawa ke rumah sakit.

"Mungkin mereka tidak siap. Ketika kami kontakan, risiko coronavirus saat itu belum diketahui, apalagi di Dagestan. Mereka tidak siap untuk menahan virus corona,'' kata Gadzhiev. ''Kenapa dia (Abdulmanap) bisa terinfeksi? Mungkin karena acara massal, baik itu pernikahan atau pemakaman.''

Tolak ke Rumah Sakit
Pada akhir April lalu, Abdulmanap sempat menolak dibawa ke rumah sakit karena mengalami gangguan pneumonia dan flu. Setelah dibujuk oleh kerabatnya, Abdulmanap akhirnya bersedia dirawat di sebuah rumah sakit di Makhachkala, Dagestan, Rusia, Sabtu (25/4) malam waktu setempat.

"Dia (Abdulmanap Nurmagomedov) sebelumnya sakit ketika berada di daerah pegunungan," kata Ramazan Rabadanov, wartawan Rusia yang juga sahabat keluarga Nurmagomedov, dalam wawancara dengan Championat seperti dikutip Express.co.uk, Ahad (26/4). "Dia sempat jalan-jalan selama dua hari."

Abdulmanap saat itu berkeras tetap tinggal di tempat tinggalnya di daerah pegunungan. Namun, ayah Khabib Nurmagomedov ini akhirnya bisa dibujuk untuk dibawa ke Makhachkala. 

Menurut Rabadanov, saudara-saudaranya saat itu nyaris gagal meyakinkan Abdulmanap untuk pergi ke rumah sakit di Makhachkala. "Saudara-saudaranya nyaris tidak berhasil membujuknya untuk pergi ke rumah sakit," kata Rabadanov saat itu. "Dia sekarang sudah berada di Makhachkala, di Rumah Sakit Second City."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA