Sabtu 23 May 2020 12:36 WIB

Lebaran di Argentina, WNI Terima Tempe dan Kecap Manis

Pembagian tempe dan kecap manis untuk mengobati rindu WNI ke Indonesia saat Lebaran

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Rindu Lebaran di Tanah Air, Para WNI di Argentina Terima Tempe dan Kecap, Sabtu (23/5) waktu setempat
Foto: KBRI Buenos Aires
Rindu Lebaran di Tanah Air, Para WNI di Argentina Terima Tempe dan Kecap, Sabtu (23/5) waktu setempat

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Tempe dan kecap manis menjadi dua bahan makanan pokok yang dibagikan KBRI Buenos Aires kepada para Anak Buah Kapal (ABK) dan wisatawan stranded berwarga negara Indonesia (WNI). Pemberian yang dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri itu merupakan bantuan tahap ketiga yang dilakukan KBRI Buenos Aires kepada mereka yang terkena dampak lockdown atau karantina wilayah di Argentina.

Tempe dan kecap manis adalah dua bahan makanan yang sulit ditemukan di Argentina, bahkan di supermarket Asia sekalipun. "Semoga makanan yang diberikan oleh KBRI Buenos Aires bisa obati rindu mereka akan Indonesia dan kemeriahan hari rayanya," ujar Duta Besar RI di Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie dalam rilis pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (23/5).

Baca Juga

Selain bahan makanan, mereka juga mendapat alat-alat sanitasi seperti masker dan sarung tangan. Duta Besar RI di Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie mengatakan bantuan itu adalah wujud negara hadir dan melindungi WNI di luar negeri, khususnya yang rentan terkena dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Saat ini, fokus Perwakilan RI di luar negeri termasuk KBRI Buenos Aires adalah untuk memberikan pelayanan dan pelindungan kepada WNI yang semaksimal mungkin, serta memastikan pandemi Covid-19 tidak menimbulkan dampak negatif yang besar bagi mereka," ujar Dubes Niniek.

Di Argentina, lockdown telah berlangsung selama lebih dari dua bulan. Imbas penutupan perbatasan, penerbangan, dan penjualan tiket pesawat komersial, banyak dari pelajar dan wisatawan asing tidak dapat kembali ke pulang atau melanjutkan perjalanannya. Beberapa dari mereka juga mengalami kesulitan dalam menerima kiriman uang dari luar negeri.

Lockdown juga berdampak kepada ABK Indonesia karena tidak semua dari mereka dapat meninggalkan kapal atau pelabuhan untuk mendapat bahan makanan atau alat sanitasi yang diperlukan. Dari pantauan KBRI Buenos Aires, terdapat 235 WNI di negara akreditasi dengan sebaran 201 di Argentina, 21 di Paraguay, dan 13 di Uruguay.

Mereka terdiri atas ABK, rohaniwan, profesional, serta staf KBRI beserta keluarganya. Pemberian bantuan tahap pertama dan kedua telah berlangsung pada minggu ketiga Maret dan April 2020. Satuan Tugas Covid-19 KBRI Buenos Aires yang khusus dibentuk sejak awal masa pandemi secara rutin menghubungi WNI di negara akreditasi guna mendapatkan kabar terkini dan membantu mereka yang berada dalam kesulitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement