Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Reaksi Umar Bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar

Sabtu 23 May 2020 09:08 WIB

Red: Muhammad Hafil

Reaksi Umar bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar. Foto: Sahabat Nabi (Ilustrasi)

Reaksi Umar bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar. Foto: Sahabat Nabi (Ilustrasi)

Foto: Dok Republika.co.id
Harta para kaisar di negeri-negeri yang dibebaskan diserahkan ke Umar bin Khattab.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Pada masa Umar bin Khattab menjadi khalifah, kekuasaaan para pemimpin dan penguasa negeri di seantero dunia jatuh beruntun. Semua negeri penguasa dan kuat itu adalah negeri-negeri kafir.

Mereka adalah penguasa yang paling disegani dan ditakuti. Penakluk itu adalah kaisar dan raja. Setelah runtuhnya berbagai kekaisaran dan imperium itu, segala macam harta karun dan benda-bendar berharga milik para kaisar dan raja-raja dievakuasi ke Kota Madinah.

Setelah selesai perang terbesar di al-Qadisiyah, an-Nahrawan, dan lainnya, semua mahkota, gelang-gelang, dan berbagai perhiasan lainnya diserahkan kepada Khalifah Umar bin Khattab. Umar berkata, "Sesungguhnya kaum negeri itu menyerahkan ini untuk diamankan oleh orang-orang yang mampu menjaga amanah."

Waktu itu para sahabatnya menyaksikan, di antaranya Ali bin Abi Thalib. Ali lalu berkata, "Wahai Amirul Mukminin! Engkaulah orang yang dipercaya Allah. Mereka menyerahkan ini kepadamu karena engkau orang yang paling tepat sebagaimana Allah memberimu amanah. Seandainya mereka ingin berfoya-foya dengan harta benda ini, pastilah mereka sudah menikmatinya."

Baca Juga

sumber : Sang Legenda Umar bin Khattab / Yahya bin Yazid Al Hukmi Al Faifi
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA