Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Penerbangan Ruang Angkasa Komersial SpaceX Siap Diluncurkan

Sabtu 23 May 2020 11:21 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Kapsul Crew Dragon siap diluncurkan untuk uji coba misi penerbangan komersil ke ruang angkasa.

Kapsul Crew Dragon siap diluncurkan untuk uji coba misi penerbangan komersil ke ruang angkasa.

Foto: spacex via cpace
Kapsul Crew Dragon akan membawa 2 astronaut dalam uji misi penerbangan ruang angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Perusahaan antariksa SpaceX siap membuat sejarah. SpaceX akan meluncurkan astronaut pertamanya untuk Badan Antariksa AS (NASA) pekan depan. Tidak ada kendala berarti sehingga misi penerbangan ruang angkasa komersial melalui kapsul Dragon Crew siap dilakukan 27 Mei.

Baca Juga

Kapsul Crew Dragon di atas roket SpaceX Falcon 9 telah mencapai Launch Pad 39A  di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida. Situs tersebut merupakan situs yang sama di mana misi Apollo dan misi luar angkasa NASA diluncurkan.

Langkah besar ini terjadi kurang dari satu pekan sebelum Crew Dragon akan meluncurkan dua astronaut NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Peluncuran Crew Dragon ini sebagai bagian dari uji terbang pertama awak pesawat ruang angkasa.

Misi yang disebut Demo-2 tersebut dijadwalkan akan terbang pada Rabu (27/5). Sebelumnya, seperti yang dilansir dari Space, Jumat (22/5), pesawat ruang angkasa dan roket mencapai ke landasan peluncuran pada Kamis (21/5), sementara astronaut veteran NASA Bob Behnken dan Doug Hurley yang akan berpartispasi pada Demo-2 tiba di Kennedy pada Rabu (20/5).

Peluncuran bersejarah ini akan menjadi kejadian penting bagi penerbangan luar angkasa komersial. Peluncuran Crew Dragon akan menjadi yang pertama sejak jenis baru kendaraan awak jenis baru diluncurkan Amerika Serikat (AS), tepatnya sejak program pesawat ulang-alik NASA dimulai pada 1981. Ini juga akan menjadi peluncuran kru pertama yang mengorbit dari AS sejak program pesawat ulang alik berakhir pada 2011.

Selama penerbangan, Hurley dan Behnken akan menguji pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang dapat memuat hingga empat penumpang ini dengan terbang ke stasiun ruang angkasa, mengendalikan pesawat secara manual, docking dengan stasiun ruang angkasa ( pada titik tertentu dalam satu hingga empat bulan setelah peluncuran) kembali ke rumah dengan selamat ke Bumi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA