Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Mantan Wasit: 90 Persen Ofisial Laga La Liga Fan Madrid

Sabtu 23 May 2020 07:26 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Para pemain Real Madrid berdebat dengan wasit dalam salah satu pertandingan La Liga Spanyol.

Para pemain Real Madrid berdebat dengan wasit dalam salah satu pertandingan La Liga Spanyol.

Foto: EPA-EFE/RODRIGO JIMENEZ
Suka atau tidak, keputusan yang diambil terkadang menguntungkan Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan wasit La Liga Spanyol, Eduardo Iturralde Gonzalez membuat pengakuan penting. Ia mengklaim mayoritas ofisial pertandingan di kompetisi Negeri Matador mengambil keputusan yang menguntungkan Real Madrid. Sisanya berpihak kepada Barcelona.

Baca Juga

Itturalde memiliki pengalaman segudang saat bertugas. Ia telah memimpin lebih dari 300 pertandingan.

Ia pensiun pada 2012 lalu. Eduardo tak merasa heran jika banyak wasit berstatus fan Los Blancos. Itu karena orang-orang tersebut tumbuh berkembang ketika Madrid menjadi raja Eropa pada masa lalu. Suka atau tidak, keputusan yang diambil terkadang menguntungkan Madrid.

"Sekitar 90 persen (ofisial pertandingan La Liga) mendukung Real, sisanya 10 persen bersama Barcelona. Apakah (penggemar) Barca suka atau tidak, yang pasti 70 persen penduduk Spanyol, kecuali Katalunya, adalah pendukung Real Madrid," kata sosok berusia 53 tahun kepada Cadena Ser, dikutip dari Mirror, Sabtu (23/5). 

Ia melihat pada era terkini mulai banyak individu menggemari Blaugrana. Itu karena efek dari trofi yang dimenangkan Barcelona saat dibesut Josep Guardiola. 

Secara pribadi, Eduardo tidak peduli akan hal itu. Ia mengaku penggemar Athletic Bilbao. Tapi ia menegaskan berusaha berlaku adil ketika memimpin. 

Barcelona dan Madrid telah mendominasi La Liga dalam beberapa tahun terakhir. Sementara Bilbao, terakhir kali menjadi jawara pada musim 1983/1984.

"Seluruh Spanyol, kebanyakan adalah penggemar Madrid dan Barca, karena merekalah pemenangnya. Begitulah adanya, dan mayoritas adalah fan Madrid," ujar Eduardo mempertegas pernyataannya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA