Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

9 Film Perang yang Seru Ditonton Saat PSBB (Bagian 1)

Sabtu 23 May 2020 01:07 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan dalam film American Sniper.

Salah satu adegan dalam film American Sniper.

Foto: Warner Bros Pictures.
Film-film perang yang dicantumkan hanya yang berasal dari tahun 2000-an.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Perang merupakan sebuah peristiwa besar yang menegangkan, mengerikan, berdarah, dan destruktif. Namun, jika didokumentasikan menjadi sebuah film, perang akan menjadi sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Perang akan jauh lebih populer, konstruktif, dan kreatif.

Dilansir di laman Parade, Jumat (22/5), film-film perang telah ada selama lebih dari satu abad, hampir sejak film dapat diputar dengan tangan melalui kamera. Para pembuat film pun mulai menjelajahi perang di atas kanvas yang lebih luas. Mereka menyaring kisah-kisah perang melalui format yang lebih ekspresif seperti romansa dan komedi.

Setidaknya, ada beberapa film yang menyajikan penggambaran perang melalui berbagai prisma dan perspektif yang berbeda. Meliputi segala sesuatu mulai dari mengerikannya perang hingga jauh dari absurditasnya, berikut daftar film-film perang terbaik yang bisa Anda tonton pada saat pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

1. We Were Soldiers (2002)

Film ini terinspirasi oleh buku terlaris karya Letnan Jenderal Harold G Moore dan jurnalis Joseph L Galloway. Sutradara Randall Wallace menyajikan drama berbasis fakta. Namun, film ini secara efektif mengangkat kisah orang-orang yang bertempur di kedua sisi pertempuran yang lebih besar dan buas pada awal fase Amerika dari Perang Vietnam. Film ini dibintangi Mel Gibson, Jon Hamm, Greg Kinnear, Sam Elliott, Barry Pepper, Chris Klein, Keri Russell, dan Madeleine Stowe.


2. Dunkirk (2017)

Film ini menyajikan ketegangan evakuasi tentara Inggris pada 1940 silam di Kota Pelabuhan Dunkirk, Prancis. Film ini memuat adegan penyelamatan ajaib dari tentara Sekutu yang jumlahnya jauh lebih banyak. Mereka kewalahan di pantai dan pelabuhan serta dihantui ancaman pembantaian tentara Jerman.

Film besutan Christopher Nolan ini menyajikan penyelamatan dramatis dan tanpa darah. Nolan membawa penonton seolah berada di sana. Film ini dibintangi aktor-aktor mencakup Tom Hardy, Mark Rylance, Harry Styles, Fionn Whitehead, James D'Arcy, dan Kenneth Branagh.

3. Zero Dark Thirty (2012)

Perang hampir selalu tentang dunia manusia yang eksklusif dan egois. Demikian pula halnya dengan film-film perang. Namun, sutradara Kathryn Bigelow dapat mengubah dramatisasi ini berpusat pada seorang analis intelijen CIA fiksi wanita, Maya (Jessica Chastain). Dia bertugas memimpin perang melawan teror yang bertanggung jawab untuk menemukan pemimpin Alqaidah Usama bin Laden setelah serangan 9/11.

Film ini sempat kontroversial karena penggambaran teknik interogasi yang disempurnakan. Beberapa pihak mengkritik film ini sebagai pro penyiksaan. Sementara itu, yang lain memuji sikapnya yang berani dalam mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di kamp-kamp tahanan yang sangat rahasia. Bigelow lantas memenangkan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik pertama wanita, untuk film berikutnya, The Hurt Locker.

4. Unbroken (2014)

Angelina Jolie mengarahkan kisah Perang Dunia II yang inspiratif dan luar biasa ini berdasarkan kisah nyata pelari Olimpiade AS Louis Zamperini (Jack O'Connell). Pelari ini selamat dari kecelakaan pesawat di laut yang kemudian hampir 50 hari menggunakan rakit sebelum ditangkap oleh Angkatan Laut Jepang dan dikirim ke kamp POW.

Di situlah drama dimulai. Drama benar-benar dimulai di tangan kopral muda Jepang sadis yang dijuluki "The Bird" yang diperankan oleh Miyavi, bintang rock Jepang yang populer. Sementara itu, skenario digarap Joel dan Ethan Coen.


5. American Sniper (2014)

Bradley Cooper memerankan tokoh nyata Navy SEAL, Chris Kyle. Film biografi garapan sutradara Clint Eastwood ini bercerita tentang penembak jitu yang menjadi legenda karena keterampilan menembaknya yang sangat tajam dalam Perang Irak.

Mata elang Kyle membuatnya menjadi aset berharga dalam berbagai pertempuran. Dia kembali ke rumah setelah empat kali tugas dan kesulitan meninggalkan perang. Film ini memperlihatkan efek jangka panjang dari kekerasan dan pertempuran setelah pertempuran berakhir. Selain itu, film ini dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada patriotisme terbaik Kyle.

6. Troy (2004)

Banyak perang yang terjadi sangat lama. Salah satu yang menginspirasi film bersejarah ini adalah Achilles, prajurit paling legendaris dari semua prajurit Yunani yang diperankan Brad Pitt. Diane Kruger sebagai Helen of Troy, Brendan Gleeson sebagai raja yang ditolak cintanya, dan sekelompok orang bermandikan sinar matahari lainnya di cawat, sandal, dan togas. Dalam film ini, Pitt dilatih selama enam bulan untuk mendapatkan tubuh ikon Yunani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA