Jumat 22 May 2020 21:59 WIB

Pasien Positif OTG Covid-19 di Lampung Bertambah 4 Orang

Gugus Tugas Lampung menyebut total pasien Covid-19 di Lampung 105 orang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.Gugus Tugas Lampung menyebut total pasien Covid-19 di Lampung 105 orang
Foto: Antara
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.Gugus Tugas Lampung menyebut total pasien Covid-19 di Lampung 105 orang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasien positif Covid-19 di Lampung berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) bertambah empat orang lagi. Sedangkan pasien positif yang sembuh juga terdapat tambahan 3 orang, sedangkan yang meninggal masih 7 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Lampung dr Reihana mengatakan, saat ini terdapat 105 orang pasien positif Covid-19 di Lampung, masih dirawat/diisolasi di rumah sakit rujukan pemerintah 64 orang, meninggal dunia 7 orang, dan yang sembuh 34 orang.

“Semua pasien tambahan baru pasien positif empat orang, keadaannya sehat, OTG, sekarang isolasi atau karantina mandiri,” kata Reihana dalam keterangan persnya di Posko Covid-19 Lampung, Jumat (22/5).

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan Lampung mengatakan empat orang pasien positif tambahan yakni pasien 102, 103, 104, dan 105.  Semuanya, kata dia, berstatus OTG tapi konfirmasi positif.

Dia menjelaskan, pasien 102, perempuan asal Kota Bandar Lampung, memiliki riwayat hasil tracing pasien positif 85. Pasien 103, perempuan berasal dari Kota Bandar Lampung, juga hasil  tracing dari pasien 85.

Selanjutnya pasien 103, perempuan asal Kota Bandar Lampung, ditemukan berasal dari tracing dari pasien 69. Sedangkan pasien 105, pasien dalam kondisi sehat, namun bukan merupakan hasil tracing pasien positif. Belum diketahui penyebab pasien tersebut terinfeksi Covid-19.

Reihana mengatakan, selain penambahan pasien positif Covid-19, terdapat juga penambahan pasien positif yang sembuh. Terdapat 3 orang pasien positif sembuh, yakni pasien 86, pasien 57, dan pasien 31.

Pasien 86 berasal dari Kabupaten Tulangbawang. Pasien 57 berasal dari Kabupaten Lampung Tengah, dan Pasien 31 berasal dari Kota Bandar Lampung.

Dia mengatakan masih ada tambahan pasien dalam pengawasan atau PDP, seorang  laki-laki berusia 40 tahun. Saat ini, petugas masih menunggu hasil  swabnya. “Swabnya lagi diperiksa, masih menunggu apakah positif atau negatif,” kata Reihana.

Firmansyah Alfian, salah seorang tokoh pendidikan dan agama di Bandar Lampung, mengatakan, terdapat tambahan pasien positif 16 orang berstatus OTG, ada yang diisolasi mandiri ada di rumah sakit. Menurut dia, kebiasan orang sering kurang disiplin terlebih tinggal di kampung dan apalagi sekarang menjelang Lebaran.

“Saya khawatir dengan kepatuhan saudara-saudara kita yang melakukan isolasi mandiri. Harapan saya mereka sudah dinyatakan positif untuk di karantina di rumah sakit,” katanya, Jumat (22/5). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement