Jumat 22 May 2020 21:37 WIB

Jelang Idul Fitri SIG Tebar 64.601 Paket Kebutuhan Pokok

Bantuan diberikan untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Kepala Departemen CSR SIG, Edy Saraya (kedua dari kiri) menyerahkan paket bantuan kebutuhan pokok kepada tokoh masyarakat, H. Khilmi (kedua dari kanan) di Gresik, Jawa Timur.
Foto: Dok SIG
Kepala Departemen CSR SIG, Edy Saraya (kedua dari kiri) menyerahkan paket bantuan kebutuhan pokok kepada tokoh masyarakat, H. Khilmi (kedua dari kanan) di Gresik, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Jelang Idul Fitri 1441 Hijriah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) salurkan bantuan 64.601 paket bahan kebutuhan pokok kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di tujuh provinsi.

Ke-64.601 paket bahan kebutuhan pokok tersebut disalurkan untuk warga terdampak di wilayah DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur serta warga di wilayah Sulawesi Selatan.

General Manager of Corporate Communication SIG, Sigit Wahono mengungkapkan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap permasalahan kesehatan di tengah masyarakat di Tanah Air, namun juga berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, SIG bersama anak perusahaan telah menyalurkan bantuan sebanyak 64.601 paket kebutuhan pokok kepada warga terdampak,” ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima Republika, Jumat (22/5).

Bantuan paket kebutuhan pokok ini, jelas Sigit, diberikan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan membutuhkan guna menyambut hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Ia juga menyampaikan, bantuan paket kebutuhan pokok ini disalurkan secara bertahap, mulai hari jumat (15/5) lalu dan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini sudah tersalurkan kepada masyarakat penerima manfaat.

Menurut Sigit, hari raya Idul Fitri pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, karena masyarakat di negeri ini tengah menghadapi ujian berupa pandemi global Covid-19.

Sejak terkonfirmasi kali pertama awal Maret 2020 lalu hingga hari ini, pandemi Covid-19 telah berdampak luas, tak terkecuali terhadap kemampuan dan daya beli masyarakat, akibat terpuruknya sejumlah sektor usaha rakyat.   

Sehingga ketersediaan bahan kebutuhan pokok tentu menjadi tantangan yang perlu diperhatikan oleh semua pihak. “Oleh karena itu, SIG memberikan perhatian besar dalam menyalurkan bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Secara rinci, Sigit juga menjelaskan, anak perusahan SIG, PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok bagi 5.205 kepala keluarga (KK) melalui 12 Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan, Pauh dan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Sedangkan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, PT Semen Tonasa menyalurkan bantuan paket kebutuhan pokok bagi masyarakat yang ada di Pulau Gondong Bali dan Desa Mattiro Matae.

Sementara itu, anak perusahaan SIG lainnya, PT Semen Gresik telah menyalurkan sedikitnya 1.274 bantuan paket bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat di sekitar Pabrik Rembang, Jawa Tengah.

Demikian halnya, PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) turut menyalurkan bantuan ribuan paket kebutuhan pokok bagi masyarakat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Sedangkan melalui PT Solusi Bangun Andalas (SBA), bantuan paket kebutuhan pokok disalurkan kepada masyarakat di Kecamatan Lhoknga dan Leupung, Kabupaten Aceh Besar,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sayyid Abdurrahman Gresik, Wahidatul Husnah menyampaikan bantuan yang disalurkan SIG melalui yayasannya, sangat membantu masyarakat yang saat ini tengah membutuhkan.

Bantuan berbagai bahan kebutuhan pokok tersebut sangat bermanfaat, tidak hanya bagi anak- anak yatim yang diasuh oleh Yayasan Sayyid Abdurrahman.

“Namun juga sangat bermanfaat bagi kaum duafa, pedagang kaki lima (PKL) serta karyawan yang kehilangan mata pencaharian akibat dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement