Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Pemain West Brom Ungkap Kisah Rasisme

Jumat 22 May 2020 22:04 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar

Jonathan Leko

Jonathan Leko

Foto: transfermarkt
Saya masih terganggu karena butuh waktu lama menghadapinya.

REPUBLIKA.CO.ID, WEST BROMWICH -- Gelandang West Bromwich Albion, Jonathan Leko menceritakan pengalamannya menjadi korban rasisme, dan masa depannya sebagai pesepakbola profesional.

Leko baru mau angkat bicara setelah delapan bulan lalu, tepatnya 28 September ketika kiper Leeds United, Kiko Casilla dinyatakan bersalah karena menghina dengan nada rasisme kepada Leko. Atas kesalahan itu, Casilla diberi hukuman larangan bertanding selama delapan pertandingan.

"Saya harus bersiap-siap menghadapi hal seperti ini ketika sewaktu-waktu saya menerimanya, atau hinaan dalam bentuk lain di masa depan," katanya seperti dilansir Sky Sports, Jumat (22/5).

"Saya senang hal itu berakhir. Saya masih terganggu karena butuh waktu lama menghadapinya. Ini membuat saya merasa sakit hati karena tidak ada orang yang ingin mendengarkan," ujarnya.

"Saya akan berbicara kepada semua orang dan melaporkannya jika ini kembali terjadi. Saya sudah bertemu perwakilan asosiasi pesepakbola profesional (PFA) dan jika terjadi lagi, mereka akan langsung bertindak," ucapnya.

Saat ini, ia memilih fokus melanjutkan kariernya setelah dipinjamkan ke Charlton Athletic. Cedera ACL yang dialaminya saat ini pun dirasa mengganggu perjalanan sepakbolanya musim ini.

Kembali berseragam West Bromwich, membuat Leko kemungkinan dapat berhadapan dengan Casilla suatu hari nanti. Namun, ia tidak memusingkan hal tersebut dan tetap berusaha sebaik mungkin.

"Saya tidak ingin hal itu mempengaruhi saya karena sudah siap menghadapinya. Saya ingin fit untuk musim depan. Secara mental, saya sudah lebih kuat dari sebelumnya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA